News

Pendaratan Yang Digunakan Ketika Mendarat Bak Lompat Jauh Adalah

×

Pendaratan Yang Digunakan Ketika Mendarat Bak Lompat Jauh Adalah

Share this article

Pendaratan Yang Digunakan Ketika Mendarat Bak Lompat Jauh Adalah – Tahukah anda olahraga lompat jauh? Ya, permainan ini diajarkan mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA). Hampir seperti olahraga lainnya, lompat jauh memerlukan kekuatan, kecepatan dan ketrampilan untuk melompat semaksimal mungkin, disertai dengan teknik yang baik dan akurat.

Biasanya permainan lompat jauh ini menggunakan sandbox sebagai tempat mendaratnya. Singkatnya, olah raga ini dilakukan dengan cara melompat sebanyak-banyaknya, kemudian dari titik awal tubuh harus melayang di udara hingga mencapai tanah sesukses mungkin di sandbox.

Pendaratan Yang Digunakan Ketika Mendarat Bak Lompat Jauh Adalah

Namun sayangnya banyak orang yang bingung bagaimana cara mendekati permainan ini dengan baik dan benar. Hal ini disebabkan oleh pergerakan kaki dan terkadang tubuh tidak dapat mengikuti teknik yang benar dengan baik, sehingga terkadang kaki mengalami cedera. Lantas, bagaimana caranya agar tetap bugar dan presisi dalam permainan lompat jauh ini? Apakah permainan lompat tali karet bisa menjadi latihan olahraga ini karena sama-sama menggunakan teknik lompat?

Cara Untuk Melompat

Pada dasarnya lompat jauh mempunyai empat bagian gerakan, dimulai dari awal atau sering disebut dengan jurus, mendorong, melayang di udara, dan terakhir gerakan mendarat. Nah dalam hal ini kita akan membahas bagaimana cara melakukan tindakan kedatangan tersebut.

Hingga saat ini, lompat jauh masih menjadi bagian dari cabang olahraga yang dipertandingkan dalam olimpiade dunia dan kejuaraan nasional di berbagai negara. Pasalnya, permainan ini dengan jelas menunjukkan kekuatan, keberanian, dan kecepatan para pemainnya. Nah dibawah ini kita akan membahas tentang sejarah olahraga lompat jauh hingga berkembang pesat seperti saat ini.

Sejarah keberadaan olahraga ini dimulai pada tahun 708 SM, tepatnya pada masa Olimpiade kuno di Yunani. Menurut dokumen sejarah, saat itu lompatan terjauh adalah 7,05 meter yang dilakukan oleh Chionis, penduduk asli Sparta. Semua perlombaan yang berlangsung pada Olimpiade Kuno sebenarnya dilakukan dengan tujuan untuk latihan militer dalam peperangan, karena juga melatih keterampilan para atlet atau tentara. Namun teknik dan metode lompat jauh pada masa itu jelas berbeda dengan saat ini

Bahkan pada saat itu, karena Olimpiade kuno dianggap sebagai latihan perang, para atlet harus berlari sambil membawa beban di kedua tangannya dengan berat sekitar 1-4,5 kg. Sayangnya kejayaan olahraga ini semakin memudar.

Makalah Lompat Jauh

Kemudian, pada tahun 1896, lompat jauh dihidupkan kembali dalam Olimpiade modern. Sejak saat itu, lompat jauh semakin diterima masyarakat dan menjadi olahraga kompetitif. Seiring berjalannya waktu, aturan dan metode lompat juga diperbaiki agar sesuai dengan perkembangan saat ini. Di Amerika ada seorang atlet bernama Bob Beamon yang pada tahun 1968 mampu memecahkan rekor lompat jauh sekitar 8,90 meter.

Baca Juga  Kegiatan Mendatangkan Atau Membeli Barang Dagangan Dari Luar Negeri Dinamakan

Di Indonesia, lompat jauh telah berkembang pesat dan saat ini masih termasuk dalam olahraga kompetitif kompetisi nasional. Karena lompat jauh merupakan bagian dari olahraga atletik, maka seluruh atlet dan pelatih lompat jauh tergabung dalam PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Saat diadakan suatu kompetisi, biasanya menggunakan ruang yang ada di lapangan. Tahun 1928 adalah tahun pertama perempuan diperbolehkan berkompetisi dalam olahraga.

Singkatnya, lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang melibatkan gerakan melompat yang membawa beban tubuh sambil melayang di udara. Tak hanya itu, olahraga ini juga dibarengi dengan gerakan mendorong pada tumpuan dengan menggunakan salah satu kaki yang kuat untuk menjangkau jarak yang lebih jauh pada saat melompat. Olahraga ini saat ini masih populer untuk dipertandingkan di olimpiade atau kompetisi nasional.

Banyak ahli yang berpendapat mengenai pengertian permainan lompat jauh ini. Salah satunya, Syarifuddin (1992), mengatakan bahwa lompat jauh adalah salah satu jenis gerakan lompat yang melibatkan mengangkat kaki ke atas dan ke depan dalam upaya membawa pusat massa tubuh selama mungkin di udara, atau melayang. di udara. roh. Gerakan ini harus dilakukan dengan cepat, dimana terlebih dahulu perlu melakukan gerakan mendorong dengan satu kaki (yang terkuat) untuk menjangkau sejauh-jauhnya.

Yuk, Mengenal Peraturan Lompat Jauh

Untuk mencapai hasil yang baik dalam lompat jauh, seperti halnya pada cabang olahraga lainnya, atlet harus dalam kondisi fisik yang baik dan memahami serta menguasai teknik lompat jauh. Ada dua faktor penting untuk mencapai hasil yang tinggi, yaitu 1) Faktor kondisi fisik, kecepatan start, tenaga lompatan dan keterampilan; 2) Hal-hal yang berkaitan dengan dukungan teknis, mulai dari tahap persiapan, pergerakan (penerbangan), dan pendaratan.

Pada teknik start, gerakan peserta lompat jauh sebaiknya dilakukan dengan berlari secepat mungkin untuk memperoleh kecepatan maksimal sebelum lepas landas. Alternatifnya, teknik start ini dapat dievaluasi sebagai tindakan memperoleh kecepatan horizontal maksimum yang diubah menjadi kecepatan vertikal selama dorongan.

Teknik pertama ini dilakukan dengan cara berlari secepat mungkin dengan jarak sekitar 40-45 meter di atas treadmill, setelah itu peserta mendorong dengan kedua kakinya. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melatih teknik start lompat jauh adalah sebagai berikut:

Baca Juga  Contoh Kiamat Sugra Dan Kubra

Teknik ini diyakini sebagai gerakan terpenting dalam lompat jauh karena menentukan hasil lompatan yang sempurna. Pada teknik ini peserta akan mendorong papan atau balok penyangga dengan menggunakan kaki yang kuat sambil mengubah kecepatan horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Kesalahan Umum Dalam Lompat Jauh

Saat melakukan stand, posisi tubuh peserta tidak boleh terlalu condong. Fokus harus kuat, cepat dan konsisten. Keseimbangan tubuh peserta pada saat melakukan dorongan juga diperhatikan agar tidak bergoyang. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan proses support/withdrawal yaitu:

Pada teknik ini gerakan harus dilakukan setelah meninggalkan balok penyangga. Saat melakukan gerakan melayang ini, tubuh peserta harus menjaga keseimbangan. Mengayunkan kedua lengan dapat membantu peserta menjaga keseimbangan tubuh.

Peserta harus melakukan teknik penghentian ini sebaik mungkin. Jangan biarkan tubuh atau lengan Anda terjatuh ke belakang, karena dapat menyebabkan cedera. Mendarat di platform lompat dimulai dengan tumit dan kaki bersentuhan. Gerakan saat mendarat sebaiknya dilakukan dengan kedua kaki.

Yang perlu diperhatikan dalam jurus ini adalah kedua kaki yang digunakan untuk menapak harus dilakukan secara bersamaan, dilanjutkan dengan mendorong pinggul ke depan. Mengapa tubuh peserta harus menghadap ke depan saat melakukan pose? Sebab jika tubuh peserta cenderung terjatuh ke belakang, hal ini akan berakibat fatal bagi peserta cabang olahraga lompat jauh tersebut.

Lompat Tinggi: Pengertian, Sejarah, Dan Tekniknya

Seorang pelompat jauh dapat digolongkan gagal lompat apabila ia melakukan hal-hal sebagai berikut:

Bentuk lapangan atletik lompat jauh jelas berbeda dengan bentuk lapangan atletik bola basket atau bola voli. Yang wajib dimiliki dalam bidang lompat jauh adalah lintasan lari, papan loncat, kotak lompat dan landasan pendaratan.

Pada lintasan lompat jauh, jarak lintasan lari dengan tempat menembak biasanya 40-45 meter, dengan lebar lintasan sekitar 1,22 meter. Saat ini panel sampah tersebut berukuran panjang sekitar 1,22 meter, lebar 20cm, dan tebal sekitar 10cm. Antara trampolin dan kotak lompat jaraknya 1 meter.

Lalu, kolam lompat berukuran panjang sekitar 9 meter dan lebar 2,95 meter. Untuk mendarat, sediakan jarak minimal 2,75 meter antara garis start dan ujung titik start. Dudukannya biasanya diisi dengan pasir halus, dan bagian atas pasir harus sama tinggi atau tingginya dengan bagian atas papan.

Teknik Dasar Lompat Jauh, Aturan Dan Cara Latihannya

Apakah Grameds pernah memainkan olah raga tradisional yang menggunakan gerakan-gerakan dasar lompat, seperti hopscotch dan lompat tali, terutama ketika ia masih kecil? Permainan tradisional ini merupakan bagian dari kebudayaan Indonesia yang diwariskan oleh nenek moyang kita karena pada zaman dahulu permainan tradisional merupakan salah satu bentuk hiburan khususnya bagi anak-anak.

Baca Juga  Keuntungan Letak Geografis Indonesia Terhadap Kehidupan Bangsa Indonesia Adalah

Hingga saat ini permainan tradisional masih dilestarikan terutama oleh anak-anak desa. Ini benar-benar langkah yang baik untuk mencegah anak terpapar peralatan dan enggan berolahraga. Tanpa Anda sadari, aktivitas bermain tradisional tersebut dapat berdampak pada kemampuan fisik Anda, terutama saat Anda sedang berlatih lompat jauh.

Pemberian alternatif pembelajaran berupa permainan tradisional lompat tali terbukti sangat bermanfaat dan berdampak dalam upaya meningkatkan keterampilan lompat jauh. Disebut metode alternatif karena tidak semua sekolah memiliki sumber daya yang memadai untuk mempelajari lompat jauh, sehingga digunakan olahraga tradisional ini agar anak dapat terus meningkatkan kemampuan lompatnya. Tak hanya itu, ternyata memainkan kedua olahraga tradisional tersebut mampu merangsang dan memperkuat kekuatan otot kaki.

Saat Anda bermain lompat tali, keterampilan motorik kasar anak Anda akan terstimulasi secara otomatis, membuatnya kompeten secara fisik saat ia belajar bagaimana dan di mana melompat menggunakan keterampilannya. Jika hal ini dilakukan dengan tekun, anak dapat menjadi luwes, luwes, dan kuat. Olahraga tradisional lompat tali juga mempengaruhi kondisi fisik, terutama penguatan otot kaki dan pinggul.

Kenali Sikap Sikap Tangan Dalam Olahraga Lompat Jauh

Nah, itulah ulasan mengenai cara mendarat yang benar dalam lompat jauh. Walaupun permainan ini terkesan sederhana, namun sebenarnya permainan ini melibatkan berbagai teknik yang tidak semua orang dapat melakukannya tanpa latihan dan kesabaran. Apakah Grameds tertarik mempelajari game ini? Jika iya, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari sesuatu.

Wardani, Gumilar Dwi dan Agus Mahendra. (2017). Perbandingan pengaruh lompat tinggi dan lompat tali terhadap kemampuan lompat jauh. Jurnal pengajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar, vol 1(1).

EPerpus adalah layanan perpustakaan modern yang beroperasi dengan konsep B2B. Kami di sini untuk membuat pengelolaan perpustakaan lebih mudah

Gambar bak lompat jauh, pendaratan lompat jauh, panjang bak lompat jauh, lebar bak lompat jauh, ukuran bak lompat jauh, alat yang digunakan untuk lompat tali, ukuran bak pasir lompat jauh, gambar bak lompat jauh beserta ukurannya, pendaratan telapak kaki yang benar saat lari jarak jauh menggunakan, panjang bak pada lompat jauh adalah, panjang dan lebar bak lompat jauh, peralatan yang digunakan untuk lompat tali adalah