Madiun

Pendapa Muda Graha Belum Ditetapkan Jadi Cagar Budaya

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Objek diduga cagar budaya (ODCB) di Kabupaten Madiun jumlahnya terus bertambah. Jika pada 2013 silam tercatat hanya 216, pada pemutakhiran data awal tahun ini naik menjadi 458.

Yang menjadi persoalan, urusan penetapan secara de jure bahwa objek yang bersangkutan adalah berstatus cagar budaya masih menjadi kendala. Adanya tempat khusus untuk menyimpan objek-objek itu menjadi opsi yang patut dipertimbangkan.

‘’Inventarisasi yang kami lakukan tahun ini sudah selesai dan ada tambahan jumlah ODCB,’’ kata Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun Bariyanto, Senin (17/5).

Bariyanto mengungkapkan, selain menginventarisasi 216 objek yang telah tercatat sebelumnya, pendataan ulang tahun ini juga menelisik keberadaan sejumlah objek yang ditengarai merupakan cagar budaya. ‘’Sebanyak 216 ODCB yang terdata pada 2013 itu masih dalam kondisi baik dan tidak pindah lokasi,’’ tuturnya.

Status 458 objek itu saat ini masih ODCB, belum secara sah menyandang predikat cagar budaya. Tak terkecuali Pendapa Muda Graha milik Pemkab Madiun. ‘’Langkah berikutnya yang bisa dilakukan adalah meregistrasi seluruh ODCB itu,’’ ujar Bariyanto. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button