Madiun

Pencurian Komputer SMAN 1 Wungu dan SMPN 1 Kare Dilakukan Komplotan Jakarta

MADIUN, Jawa Pos Radar Caruban – Polisi meringkus tiga dari lima tersangka kasus pencurian komputer di SMAN 1 Wungu dan SMPN 1 Kare, akhir Mei lalu. Diduga kuat, aksi pada hari yang sama itu melibatkan warga Kabupaten Madiun. ‘’Tersangka dari Madiun berinisial JSN, perannya hunting dan membaca situasi,’’ kata Kapolres Madiun AKBP Jury Leonard Siahaan, Jumat (1/10).

JSN yang menentukan SMAN 1 Wungu dan SMPN 1 Kare sebagai sasaran. Pun, memilih jam sepi sebelum eksekusi. JSN menghubungi empat tersangka lain ketika situasi dan kondisi dua sekolah itu aman untuk melancarkan aksi. Alhasil, 11 unit komputer di SMAN 1 Wungu dan 25 unit di SMPN 1 Kare diembat. ‘’Tersangka membobol sekolah dengan cara merusak gembok dengan obeng dan mencongkel pintu pakai linggis,’’ beber Jury.

Penangkapan para pencuri itu bermula saat tersangka AS dibekuk dan ditahan di Polres Lebak, Banten, bulan lalu. Hasil pengembangan, tersangka JSN dan RR, keduanya warga Jakarta, menyusul diringkus. Dua tersangka terakhir saat ini ditahan di Mapolres Madiun. ‘’Keduanya mengaku mendapat bagian Rp 2 juta sampai Rp 3 juta dari hasil pencurian tersebut,’’ ungkap Jury.

Dua tersangka lain masih DPO (daftar pencarian orang). Yakni, JD dan AY, keduanya warga Tangerang. Mereka diduga punya peran penting dalam aksi ini. Jury mengungkapkan bahwa dua DPO bertindak sebagai penjual puluhan komputer hasil curian. ‘’Menurut pengakuan tersangka yang sudah ditangkap, komputer diserahkan kepada DPO untuk dijual,’’ terang Kapolres. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button