News

Pencak Silat Merupakan Warisan Budaya Yang Mencerminkan Budaya Nasional

×

Pencak Silat Merupakan Warisan Budaya Yang Mencerminkan Budaya Nasional

Share this article

Pencak Silat Merupakan Warisan Budaya Yang Mencerminkan Budaya Nasional – Jakarta (Indonesia Window) – Pencak Silat bukan hanya sebuah teknik dan seni bela diri, tetapi juga budaya Indonesia yang mengedepankan rasa hormat antar sesama dan mempererat hubungan dan persahabatan.

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) mengumumkan Pencak Silat dengan harta berharga kehidupannya pada pertemuan ke-14 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bogota, Kolombia, Kamis (12-12). .

Pencak Silat Merupakan Warisan Budaya Yang Mencerminkan Budaya Nasional

Dimasukkannya Pencak Silat sebagai Warisan Budaya Takbenda UNESCO merupakan cara untuk mengakui secara global pentingnya tradisi pencak silat Indonesia yang telah diwariskan secara turun-temurun dan terus berkembang hingga saat ini.

Jabar Konsisten Lestarikan Budaya Pencak Silat

Perwakilan Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO, Prof. Surya Rosa Putra mengatakan, latihan pencak silat bukan hanya untuk membela diri tapi juga bagian dari kehidupan penjahat.

“Pencak Silat mengajarkan kita untuk menjaga hubungan baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Meski pencak silat mengajarkan teknik destruktif, yang terpenting pencak silat juga mengajarkan kita untuk mengontrol dan menjaga keharmonisan,” ujarnya.

Indonesia berkomitmen untuk selalu melestarikan pencak silat, termasuk kegiatan pendidikan yang tidak hanya didedikasikan untuk olahraga atau pencak silat, tetapi juga bagian dari pendidikan seni budaya.

Promosi pencak silat di berbagai negara akan terus digencarkan. Saat ini, ada kelompok Pencak Silat, perguruan tinggi dan festival di 52 negara di seluruh dunia.

Pencak Silat Warisan Budaya Tak Benda Dunia

Pada tahun 2020 Februari. Indonesia berkesempatan mempersembahkan Pencak Silat kepada masyarakat Kolombia dalam sebuah pameran setelah pertemuan antara Menteri Olahraga Kolombia Ernesto Lucena dan Duta Besar Indonesia untuk Kolombia Priyo Iswanto pada tahun 2019 lalu. 7 Oktober

Ada total sembilan situs budaya dan alam dan 15 situs terkenal dunia di Indonesia. Angka ini merupakan yang tertinggi di antara negara-negara ASEAN. Pencak Silat Jabar IPSI imbau Presiden Jokowi lebih perhatikan pencak silat di Tanah Air /Media Pakuan/Manaf Muhammad/

MEDIA PAKUAN – Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Jawa Barat mendukung penuh berbagai upaya pelestarian pencak silat di daerah.

Ketua Harian IPSI Jawa Barat Sony Hersona mengatakan acara seperti Hari Silat Al Fath akan mendorong masyarakat untuk belajar pencak silat.

Juara Nasional Pencak Silat Dan Raih Medali Emas, Integrity Jadi Modal Mahasiswa Esq Business School Azzikra

Sehingga ke depan masyarakat akan cinta dan bangga melestarikan seni budaya pencak silat yang ditetapkan UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia (WBTB).

Pada acara tersebut Bpk. Sony Hersona meminta pemerintah lebih memperhatikan pencak silat agar lebih dilindungi agar tidak diadopsi negara lain.

Baca Juga  Nrenyuhi Tegese

“Ada undang-undang UNESCO yang mengatakan pencak silat adalah warisan dari Indonesia, bahwa pencak silat harus dilindungi jika perlu dilindungi,” ujarnya.

Jadi salah satu yang harus dilakukan adalah meminta pemerintah untuk membuat undang-undang yang merupakan undang-undang yang baik.

Porkab Tuban 2022 Suguhkan 44 Cabor

Di sisi lain, Sony juga meminta pemerintah membantu melestarikan pencak silat dan tiga hal penting yang harus diperhatikan.

“Ketiga hal ini perlu didukung penuh oleh pemerintah serta dilindungi, dimajukan, dipupuk dan ditransformasikan,” ujarnya.

Menurutnya, pencak silat telah menjadi identitas bangsa Indonesia yang tidak hanya dilihat dari pencak silat, tetapi juga memiliki makna kearifan dan makna hidup yang mencerminkan negara Indonesia.

Baca juga: Kejutan Pembeli, Jam Tangan Emas Adolf Hitler Laku 16,3 Miliar IDR: Protes oleh para pemimpin Yahudi

Kearifan Lokal Dan Berkebinekaan

“Ya, semua pencak silat ini adalah kekuatan kita, budaya kita, yang bisa menjadi media kita untuk menjalin hubungan internasional dengan semua negara di dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Pondok Pesantren Dzikir Al Fath, KH Muhammad Fajar Laksana mengatakan, tujuan diadakannya Hari Silat ini adalah untuk mencoba melestarikan pencak silat yang bertemakan Grounding Pencak Silat dengan membuat sebuah pusat di Jawa Barat untuk Pencak Silat global. ***

OPPO di tahun 2023 yang baru daftar harga ponsel termasuk A12 untuk mendapatkan X2 Pro dari 1 juta hingga puluhan juta

Baru! Hari ini, 2023 20 Februari ML (Mobile Legends) Redeem Code: Imani Diamond dan Fragment Hero dari kontes Pencak Silat Tradisional Moonton kini diakui oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Takbenda asli Indonesia.

Ipsi Kota Padang Berkolaborasi Dengan Kodim 0312 Gelar Pencak Silat Tradisional

Dalam keterangannya, Wakil Delegasi Tetap RI untuk UNESCO, Surya Rosa Putra, mengatakan Pencak Silat resmi masuk dalam Daftar Warisan Budaya Takbenda UNESCO pada Kamis (12-12) waktu setempat.

Konferensi tersebut mencalonkan 42 nama untuk dimasukkan dalam warisan budaya takbenda, termasuk tradisi Pencak Silat dari Indonesia.

Surya mengatakan, latihan pencak silat bukan hanya untuk membela diri, tapi juga bagian dari kehidupan para penjahat.

“Pencak silat mengajarkan kita untuk menjalin hubungan yang baik dengan Tuhan, sesama manusia dan lingkungan. Meski pencak silat mengajarkan teknik menyerang, namun pencak silat pada dasarnya mengajarkan kita untuk mengendalikan diri dan menjaga keseimbangan,” ujar Surya.

Silat Malaysia Juga Jadi Warisan Budaya Unesco, Ini Bedanya Dengan Pencak Silat Ri

Sementara itu, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengapresiasi Pencak Silat diakui sebagai warisan budaya Indonesia.

Baca Juga  Sikap Positif Terhadap Nilai-nilai Pancasila Adalah

“Kementerian Pemuda dan Olahraga mengapresiasi pencak silat yang diakui oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya takbenda. Pencak Silat diyakini memiliki semua unsur yang membentuk warisan budaya takbenda tersebut,” kata Menpora. Pemuda dan Olahraga. (Menpora) Zainudin Amali dalam keterangan resmi, Jumat (12-13).

Lebih lanjut Menpora mengatakan, pengakuan ini tidak lepas dari upaya berbagai pihak. Kemenpora yang sejak tahun 2014 melakukan penelitian di Universitas Leiden di Den Haag dan mempromosikannya melalui program Pencak Silat “Road to UNESCO” di beberapa negara Eropa.

Salah satu temuannya adalah bukti Pencak Silat ditemukan pada kitab-kitab kuno dan artefak di Candi Borobudur.

Diakui Unesco Sebagai Warisan Budaya, Ini Manfaat Pencak Silat Untuk Perempuan

Ini juga menjadi pertanda bahwa pencak silat sudah ada di pulau-pulau tersebut sejak berdirinya Borobudur. Kampanye berlanjut pada 2018 dan 2019. dan akhirnya diakui oleh UNESCO.

“Kami yakin pengakuan ini tidak hanya akan meningkatkan kepercayaan dunia terhadap keberadaan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia. Namun juga akan menambah keyakinan Indonesia bahwa IOC akan mengakui bahwa nantinya dalam Sidang Umum IOC dapat diakui sebagai salah satu negara yang memiliki sejarah global Indonesia. Olimpiade,” pungkas Zainudin. (Des/OL-09)

Menteri PPPA: Sabar, RUU PPRT Pengaruhi Ketua DPR 👤 Dinda Shabrina 🕔 Senin 2023 20 Februari, 20:41 WIB

Meski tidak semua yang dilatih menjadi jurnalis di televisi, remaja masjid pun bisa memposting berita di jejaring sosial sesuai aturan…

Ipsi Jawa Barat Desak Presiden Jokowi Lebih Perhatikan Pencak Silat, Bentuk Kepedulian Khasanah Budaya Bangsa

UT Awards Contracts for Research and Teamwork 2023 👤 🕔 Senin, 2023 February 20, 7:01 PM WIBPencak silat adalah jenis seni bela diri yang berasal dari Indonesia. pada tahun 2019 12 Desember Nama Indonesia berhasil terangkat karena pencak silat ini, yang dinyatakan oleh UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda.

Berbicara tentang sejarah pencak silat, Eddie Marzuki Nalapraya (88) sempat menjelaskan asal-usul pencak silat itu sendiri. Eddie juga pernah menjadi Wakil Duta Besar DKI Jakarta dari tahun 1984-1987.

Menurut Eddie, acara ini sudah menjadi tradisi yang menjadi permainan yang berasal dari Minangkabau, Sumatera Barat dan Cimande, Jawa Barat. Jadi bisa dikatakan pencak silat berasal dari dua daerah,

Dimana dua daerah tersebut memiliki sungai yang berbeda. Di Minangkabau kebanyakan menggunakan kaki, sedangkan di Cimande menggunakan tangan. Meskipun karate berasal dari dua daerah yang berbeda, namun terus berkembang.

Silat Pun Perlu Inovasi

Saat ini setiap daerah sudah memiliki gerakan yang berbeda. Permainan tarung inipun menyebar ke pulau-pulau sejak abad ke 7. Hal ini dipertegas dengan lukisan-lukisan yang ada di candi Borobudur.

Baca Juga  Berikut Yang Bukan Merupakan Kegunaan Dari Pengujian Produk Adalah

Selain itu, IPSI atau perkumpulan pencak silat di Indonesia juga mencakup seluruh pencak silat Indonesia yang didirikan pada tahun 1973. Saat ini hampir semua perguruan tinggi di Indonesia menjadikan pencak silat sebagai kegiatan tambahan.

Fajar Nusantara adalah stasiun radio online yang mengudara sejak tahun 2020. pada tanggal 17 April dikelola oleh PT. Fajar Nusantara Online (FNO). PT. FNO sudah memiliki badan hukum yang terdaftar di pemerintah dan berwenang untuk melakukan bisnis berdasarkan tahun 1999 UU no. 40 Ketentuan “Mengenai Wartawan” – budaya Indonesia lainnya termasuk dalam daftar warisan budaya takbenda UNESCO. Pada pertemuan ke-14 Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO yang diadakan di Bogotá, Kolombia pada Kamis (12-12), Pencak Silat ditambahkan ke dalam Daftar Perwakilan Warisan Budaya Takbenda Kemanusiaan UNESCO.

Menurut Direktur Sosial dan Budaya OINB Kemlu Kama Pradipta, masuknya pencak silat dalam daftar ini merupakan bentuk pengakuan negara lain terhadap pentingnya tradisi bela diri yang dimiliki nenek moyang negeri ini. Indonesia.

Mengenal Pencak Silat Sebagai Kebudayaan Asli

“Warisan ini telah diwariskan dari generasi ke generasi dan masih berkembang hingga saat ini,” kata Kama dalam keterangannya, Jumat (13/2012) pagi. Lalu mengapa UNESCO memasukkan Pencak Silat dalam daftar Warisan Budaya Takbenda? 1. Indonesia berkomitmen untuk melestarikan tradisi pencak silat

Menurut Kama, sejak awal Indonesia sudah sangat berkomitmen untuk menjadikan pencak silat lestari dan berkarya untuk generasi penerus. Selain itu, pencak silat bukan hanya sekedar olahraga.

“Pikirkan juga tentang seni bela diri. Selain itu, ada seni dan budaya dalam olahraga ini,” kata Kama dalam keterangannya. 2. Pencak silat mengikuti kompetisi internasional.

Permainan asal Indonesia ini kini sudah dikenal di seluruh dunia. Sebaliknya, mereka bersaing sampai ke Piala Dunia.

Mei: Hari Keragaman Budaya

Indonesia juga mampu membuktikan kinerja yang baik dan meraih medali di tahun 2019. dalam Kejuaraan Pencak Silat Belgia Terbuka yang digelar (25/4). Indonesia telah menempatkan pelari di 12 dari 24 kelas yang sudah tersedia. Simak postingan Instagram Nugrah (@nugrah07) ini.

Karena itu, tim

Pencak silat yang masuk ipsi, atlet pencak silat nasional, pencak silat merupakan beladiri yang berasal dari, nama atlet pencak silat nasional, induk organisasi pencak silat nasional, dibawah ini yang bukan merupakan teknik dasar pencak silat adalah, pencak silat nasional, perguruan pencak silat padjadjaran nasional, pencak silat indonesia yang mendunia, pencak silat merupakan olahraga asli dari negara, budaya pencak silat, pencak silat padjadjaran nasional