Magetan

Penataan Alun-Alun Magetan Tak Kunjung Mulai

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Progres penataan Alun-Alun Magetan berjalan lamban. Hal itu bisa dilihat dari belum diserahkannya berkas pelelangan proyek tersebut oleh disperkim ke bagian ULP. Sementara, proses review pekerjaan itu sudah dilakukan. ‘’Belum dikembalikan lagi setelah review,’’ kata Kabag ULP Setdakab Magetan Elmy Kurnianto Senin (5/8).

Dalam review tersebut ada beberapa hal yang perlu diperbaiki. Seperti spesifikasi perusahaan, jangka waktu pelaksanaan, syarat, klasifikasi, hingga kualifikasi yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang mengajukan penawaran. ‘’Masih perlu polesan lagi, supaya ayu untuk diajukan pelelangan,’’ ujarnya.

Kendati begitu, Elmy enggan berkomentar banyak soal bentuk penataan alun-alun tahap pertama senilai Rp 1,5 miliar tersebut. Sebab, menurut dia, itu menjadi wewenang pejabat pembuat komitmen (PPK). Sedangkan, pihaknya sebatas memfasilitasi proses pelelangan kegiatan tersebut. ‘’Sampai sekarang belum dikembalikan lagi (dokumen lelang, Red). Jadi, bukan salah kami,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Plt Kepala Disperkim Magetan Mujiono sempat menyatakan bahwa lelang penataan alun-alun bisa dilakukan pekan ini. Menyusul telah adanya review dari bagian ULP. Bahkan, pihaknya sempat berkoordinasi dengan TP4D dan inspektorat terkait pengambilan keputusan. ‘’Karena harus redesain, jadi pengajuannya lambat,’’ terangnya.

Anggaran yang dipersiapkan itu difokuskan pada dua kegiatan utama. Meliputi pembangunan toilet tanam dan ruang informasi. Untuk toilet tanam, penempatannya berada di timur panggung teater. Sedangkan, panggung teater tersebut dibongkar.

Sementara, keberadaan ruang informasi ditempatkan di sebelah barat pedagang kaki lima (PKL) center. ‘’Fokus kegiatan kami tahun ini, pembangunan toilet dan ruang informasi. Karena pengembangannya dilakukan bertahap sampai tiga tahun,’’ jelas Mujiono. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button