Mejayan

Penangguhan Umrah Tak Pengaruhi Pemohon Paspor

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Pemerintah Arab Saudi resmi menangguhkan sementara kedatangan calon jamaah umrah dari Indonesia. Alasannya, mengantisipasi penyebaran virus korona (Covid-19). Namun, kondisi tersebut tidak berpengaruh pada permohonan paspor. ‘’Tidak ada imbauan khusus, hanya pemberitahuan,’’ kata Kasubsi Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Madiun Pandu Bayuaji Jumat (28/2).

Pihaknya telah menerima pemberitahuan tersebut dari pusat sejak Kamis (27/2). Kantor imigrasi tetap diminta melayani permohonan paspor. Baik baru, perpanjangan, maupun keperluan lain dokumen identitas untuk perjalanan antarnegara itu. ‘’Tidak ada ketentuan paspor untuk tujuan ke negara mana. Semua negara boleh,’’ ujarnya.

Dua bulan terakhir, Januari-Februari 2020, pengurusan paspor di kantornya mencapai 3.154 pemohon. Khusus pembuatan baru tercatat 2.655 pemohon. Mayoritas permohonan baru tersebut warga yang hendak menunaikan ibadah umrah. Namun, dia tidak dapat menyebut angka pastinya. Khususnya, warga Kabupaten Madiun. Sebab, pihaknya tidak memerinci soal itu. ‘’Sebagian besar untuk umrah. Sedangkan pengurusan paspor haji sudah selesai semua akhir tahun lalu,’’ klaimnya.

Menurut Pandu, penangguhan umrah dari pemerintah Arab Saudi tidak berdampak pada instansinya. Berbagai pertimbangan jadi patokan untuk tetap melayani permohonan paspor. Salah satunya, masa berlakunya lima tahun. Serta pertimbangan bisa untuk perjalanan ke berbagai negara. ‘’Soal penangguhan itu belum diketahui pasti sampai kapan akan dibuka lagi,’’ tuturnya.

Slamet Riyadi, salah seorang pemohon paspor untuk umrah, menyebut kabar penangguhan itu membuat teman-teman serombongannya waswas. Kendati demikian, Slamet tetap mengurus paspor. Dia berharap bisa menunaikan ibadah yang lama dicita-citakan itu. ‘’Kalau saya menilai ini demi kesehatan. Karena adanya virus korona itu. Pasrah saja, kalau sebatas molor tapi tetap bisa ke sana, tidak apa-apa,’’ ucapnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button