Magetan

Penanganan Permanen Longsor Berpotensi Molor

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Penanganan permanen longsor di Jalan Thamrin berpotensi molor akibat pandemi Covid-19. Meski usulan sudah dikirimkan sejak Februari lalu, hingga kini tindak lanjutnya masih menunggu keputusan Pemprov Jatim.

Kepala Pelaksana BPBD Magetan Ari Budi Santosa mengatakan, ada opsi lain yang bisa diambil jika tidak kunjung ada respons dari pemprov. Yakni, bersama DPUPR mengajukan usulan ke BNPB. ”Memang hujan sudah jarang turun, tapi kami tidak mau terlena,” kata Ari Senin (18/5).

Kabid SDA DPUPR Magetan Yuli Karyawan Iswahyudi menjelaskan, pihaknya hanya kebagian tugas melakukan pembebasan lahan untuk akses masuk proyek penanganan permanen.  Ada empat bidang tanah yang rencananya digunakan untuk keluar masuk kendaraan proyek, logistik, material, dan alat berat. ‘’Hanya satu jalan itu yang memungkinkan,’’ ujarnya.

Pendekatan dengan warga Jalan Manggis pemilik tanah yang akan dibebaskan, kata dia, sudah dilakukan. Pun, mereka mendukung upaya tersebut. ‘’Yang terpenting akses masuknya ada lebih dulu sebelum penanganan dilakukan, karena tidak mungkin dilakukan dari atas,’’ bebernya.

Sementara, untuk meminimalkan potensi longsor susulan dilakukan pengalihan arus air di Kelurahan Ringinagung. Setidaknya 250 liter per detik air dibelokkan ke Dautah sehingga yang mengalir langsung ke Sungai Gandong terkurangi hingga 50 persen. ‘’Jadi, tanahnya tidak akan mudah jenuh air,’’ terangnya.

Aliran Kali Gandong dekat titik longsor Jalan Thamrin, lanjut Yuli, juga sudah selesai dikeruk. Pun, pemasangan bronjong oleh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo telah rampung dilakukan. Bronjong sepanjang 40 meter itu untuk menahan tebing yang sudah longsor. (fat/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close