Ngawi

Pemusnahan BB Kejahatan Inkracht 10 Bulan 4 Kali

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kejaksaan Negeri (Kejari) Ngawi memusnahkan barang bukti (BB) tindak kejahatan Kamis (10/10). Mulai obat terlarang, minuman keras (miras), hingga sabu-sabu (SS). ‘’Total 24 perkara yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht,’’ kata Kepala Kejari Ngawi Waito Wongateleng.

BB yang dimusnahkan seperti SS seberat 1,92 gram dan puluhan botol miras jenis arak jowo (arjo). Juga peralatan-peralatan dari kasus penipuan dan perjudian. Semuanya perkara yang diputus pengadilan tiga bulan terakhir. ‘’Kemungkinan di sisa tahun ini akan ada eksekusi untuk BB perkara lain,’’ ujarnya.

Waito menuturkan, pemusnahan BB perkara pidana adalah wajib hukumnya. Tidak boleh ada yang disimpan. Sejak Januari lalu sudah empat kali dilakukan pemusnahan. Akan tetapi, tidak semua BB. Uang, peralatan elektronik, atau jenis yang bernilai bisa disetorkan ke kas negara. Prosesnya lewat pelelangan di Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Madiun. ‘’Tergantung putusan pengadilan seperti apa,’’ katanya. (tif/c1/cor)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close