Nasional

Pemkot Surabaya Dukung Pemakaian BBM Berkualitas

SURABAYA, Jawa Pos Radar Madiun – Sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor 20 tahun 2017 mengenai baku mutu emisi gas buang, Pertamina terus melakukan edukasi kepada pelanggan setianya untuk menggunakan BBM berkualitas dan ramah lingkungan. Melalui kegiatan webinar bertajuk “Tingkatkan ekonomi UMKM dan bijak penggunaan BBM berkualitas serta ramah lingkungan” pada Kamis (26/8), Pemkot Surabaya turut mendukung penggunaan BBM berkualitas untuk udara yang lebih bersih.

Acara yang dibuka oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan dihadiri Executive General Manager Pertamina Marketing Jatimbalinus, C.D Sasongko itu menghadirkan sejumlah pembicara. Seperti Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Surabaya Agus, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Widodo Suryantoro, Sales Branch Manager Pertamina Rayon Surabaya Fakhri Rizal Hasibuan, serta Senior Supervisor CSR & SMEPP Pertamina Jatimbalinus Rusminto Wahyudi.

Menurut Eri, dengan menurunkan tingkat polusi udara tentunya akan mendukung kesehatan seluruh masyarakat terutama di kala pandemi Covid-19 belum usai. ‘’Salah satunya dengan menggunakan BBM yang sesuai sehingga emisi gas buang sesuai standard yang ada,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan yang tersebut, Executive General Manager Pertamina Marketing Jatimbalinus C.D Sasongko mengatakan, bahwa Pertamina sebagai BUMN memiliki tanggung jawab dalam menyalurkan kebutuhan energi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

‘’Tentunya sebagai perusahaan yang bergerak di bidang energi, Pertamina menyediakan produk berkualitas sesuai spesifikasi kendaraan dan membuat udara menjadi lebih bersih. Dengan udara yang bersih, kesehatan kita tetap terjaga dan hal itu sangat dibutuhkan dalam kondisi pandemi seperti ini seperti yang disampaikan pak wali kota,’’ terang Sasongko.

Pertamina sebagai lembaga penyalur resmi BBM, terus memberikan edukasi kepada konsumen mengenai penggunaan bahan bakar sesuai dengan spesifikasi kendaraan. Contohnya, saat ini Pertamina memiliki bahan bakar minyak jenis gasoline seperti Pertamax yang memiliki kelebihan yaitu formula PERTATEC (Pertamina Technology), formula zat aditif yang memiliki kemampuan untuk membersihkan endapan kotoran pada mesin sehingga mesin jadi lebih awet, menjaga mesin dari karat serta pemakaian bahan bakar yang lebih efisien.

Dengan adanya sosialisasi melalui webinar ini, Pertamina berharap masyarakat atau konsumen memahami kebutuhan bahan bakar yang sesuai spesifikasi kendaraan. ‘’Pertamina tetap memastikan ketersediaan produk BBM nya yaitu Premium, Pertalite, Pertamax dan Pertamax Turbo untuk produk gasoline dan Biosolar, Dexlite dan Pertamina Dex untuk produk jenis gasoil. Dengan tersedianya berbagai produk tersebut konsumen dapat memilih sesuai kebutuhan spesifikasi kendaraannya,’’ jelas Sasongko.

Selain sosialisasi terkait BBM, dalam acara itu juga disampaikan mengenai peningkatan ekonomi UMKM. Melalui format daring, acara tersebut diikuti oleh para pelaku UMKM, mahasiswa dan masyarakat umum. ‘’Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan menjadi salah satu solusi terhadap peningkatan ekonomi UMKM di Indonesia khususnya Kota Surabaya, Jawa Timur. Kami berharap akan banyak pelaku UMKM yang bergabung dalam program Pendanaan UMKM atau PUMK dari kementerian BUMN sehingga kestabilan ekonomi dapat berlangsung,’’ pungkas Sasongko. (ser/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button