Madiun

Pemkot Madiun Temukan Penyalahgunaan Hak Sewa Kios Pasar

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot mengendus dugaan praktik penyalahgunaan hak sewa kios di belasan pasar tradisional yang tersebar di Kota Madiun. Mulai disewakan kepada pihak ketiga, dipindahtangankan, hingga diperjualbelikan.

Di Pasar Besar Madiun (PBM), misalnya, hasil pendataan dinas terkait diketahui ada mutasi penyewa kios oleh 26 pedagang. ”Ada yang diwariskan ke anaknya. Ada juga penyewa pertama yang menjualnya ke orang lain,” kata Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Ansar Rasidi, Sabtu (10/7).

Hasil inventarisasi permasalahan, lanjut Ansar, sejumlah kios menunggak biaya sewa dan beberapa lainnya tutup. ‘’Hampir di setiap pasar ada praktik semacam itu. Ya, ini PR (pekerjaan rumah, Red) bagi kami,’’ ujarnya sembari menyebut di PBM total terdapat 885 kios, 735 los, dan 625 ojogan.

Setelah semua masalah di pasar terinventarisasi, pihaknya akan menyiapkan solusi yang terkonsep jelas. Pun, agar memiliki payung hukum untuk melakukan penindakan, ada wacana tahun depan dilakukan revisi perda terkait. (irs/c1/isd/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button