AdvertorialMadiun

Pemkot Madiun Siapkan Gedung Diklat, Guest House, dan Wisma Haji Jadi Tempat Isolasi

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot Madiun mulai bersiap menyambut para pemudik yang nekat pulang kampung. Wisma haji di Ring Road Barat mereka putuskan sebagai ruang isolasi bagi pemudik yang berasal dari zona merah korona.

Selain wisma haji, ada guest house di Jalan Panglima Sudirman dan gedung diklat di Gulun yang disiapkan untuk menampung para pemudik berstatus orang dengan risiko (ODR).

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Pada Selasa (7/4) sore, wali kota Maidi mengecek seluruh calon tempat isolasi tersebut. Dia menjelaskan ada beberapa alasan kenapa memutuskan wisma haji, guest house dan gedung diklat sebagai ruang isolasi. Selain dinilai layak dibandingkan gedung sekolah, ketiga tempat tersebut mempunyai daya tampung besar. Totalnya 162 orang.

Masing-masing 120 tempat tidur di wisma haji, 30 di gedung diklat dan 12 bed di guest house. Selain itu, fasilitas yang tersedia cukup lengkap. ‘’Misalnya di sini (wisma haji) ada kamar yang isinya bisa menampung empat orang, lengkap tempat tidurnya,’’ kata Maidi.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Yang jelas, kata dia, ketiga tempat isolasi itu disiapkan untuk menghadapi hal tersebut. Semisal gelombang pemudik dari daerah zona merah Covid-19 membeludak. Sampai dengan saat ini, terdapat 403 ODR di Kota Madiun. Mereka sekarang sedang menjalani karantina mandiri. ‘’Kami hanya mengantisipasi kemungkinan warga luar kota itu tidak sanggup ngempet dan nekat pulang, kami taruh d sini (isolasi),’’ ujar mantan sekda Kota Madiun tersebut.

Meski demikian, Maidi mengimbau kepada warga Kota Madiun yang berada di luar daerah untuk tidak pulang ke kampung halaman sementara waktu. ‘’Kalau banyak yang pulang tentu bisa menjadi masalah baru. Apalagi, kalau mereka ada yang positif. Tentu itu justru menyusahkan keluarga. Biarkan keluarga di sini tenang, warga kota semuanya tenang, pemerintah juga tenang,’’ tutur Maidi.

FOTO: WS HENDRO DISKOMINFO FOR RADAR MADIUN

Soal kebutuhan logistik bagi pemudik yang menjalani isolasi, Maidi memastikan semuanya bakal dipenuhi. ‘’Tempat yang isolasi mandiri kami semprot lalu kami cukupi sembako, sudah kami siapkan,’’ katanya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close