AdvertorialMadiun

Pemkot Madiun Rintis Sentra Kuliner di Jalur Rimba Dharma

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Proyek rintisan sentra kuliner di sepanjang Jalan Rimba Dharma mulai digarap. Pada Kamis (30/4) siang, proyek itu ditinjau Wali Kota Madiun Maidi. Menurutnya, proyek tersebut diawali dengan normalisasi sungai sepanjang 178 meter. “Fungsi utamanya tetap sebagai saluran air pencegah banjir,” kata Maidi.

Menurutnya, sungai itu bakal di-box culvert. Sehingga di atasnya bisa dibangun sentra kuliner. “Jadi disini nanti lokasinya cukup luas. Karena jalannya mempunyai lebar 12 meter dan masih ada sisa lebar 7 meter yang nanti akan dijadikan sebagai tempat kuliner,” terangnya.

Maidi menargetkan awal proyek ini bisa selesai seluruhnya pada akhir tahun nanti. Namun, karena sebagian anggaran pembangunnnya dialihkan untuk penanganan korona proyek tersebut bakal dijalankan secara bertahap. Yang kemudian diteruskan dengan rencana pemindahan pasar bunga ke Jalan Dawuhan. “Mungkin diselesaikan pada tahun depan,” ujar mantan Sekda Kota Madiun tersebut.

Dia menyebutkan penataan saluran sungai di Jalan Rimba Dharma itu nanti setidaknya bisa menampung sekitar 400 pedagang kalau dikonsep sebagai sentra kuliner. Karena itu pemkot sedang menyiapkan rencana untuk merelokasi seluruh pedagang kaki lima (PKL) di satu tempat. “Tidak boleh nanti PKL berjualan di trotoar jalan. Mereka akan ditempatkan di sini,” terangnya.

Maidi sudah memberikan prioritas bagi pedagang yang selama ini berjualan di Jalan Diponegoro untuk pindah ke sentra kuliner Rimba Dharma seandainya proyek tersebut sudah jadi. Hal tersebut dilakukannya karena Jalan Diponegoro ke depan bakal diberlakukan satu jalur. “Tapi kalau mereka tidak mau nggak apa-apa. Nanti kami carikan pedagang lain yang mau bertempat disini,” ungkapnya. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close