AdvertorialMadiun

Pemkot Madiun Rancang Jalur Wisata 20 Km, Start Balaikota berakhir di Kampung KB Gedongan

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Rute jalur sepeda wisata 20 km di Kota Madiun telah disusun. Mengambil start dari balai kota Jalan Pahlawan dan finish di kampung KB Gedongan Kelurahan/Kecamatan Manguharjo. Di jalur sepeda 20 km itu sedikitnya ada lima lokasi check poin. Yakni Embung Pilangbango, Taman Hijau Demangan, SPBU Demangan, Gudang Bulog Nambangan Kidul dan Kampung KB Gedongan.

Wali Kota Madiun Maidi mengatakan di lingkungan pemukiman Gedongan, akan dijadikan tempat wisata anak-anak. Termasuk wisata kuliner tradisional. Penjualnya juga harus menggunakan pakaian tradisional.

Menurutnya, infrastruktur pendukung kini mulai dikerjakan pemkot. Seperti pembangunan  jembatan di lokasi itu akan tuntas sebelum akhir tahun ini. Dengan begitu, kampung Gedongan tahun depan akan dikonsep menjadi kampung tematik.

“Tahun depan (kampung Gedongan.red) saya jadikan kampung tematik. Nanti akan ada taman mininya Kecamatan Manguharjo, khas dari sembilan kelurahan yang ada di kecamatan ini ada disini semua. Dengan begitu, setiap kecamatan ini sudah punya tempat wisata masing-masing, termasuk jalur sepeda,” ungkapnya, Jumat (9/10).

Maidi menegaskan konsep tersebut sengaja diciptakan untuk merubah paradigma masyarakat. Sebab, pembangunan yang dikerjakan pemkot tidak hanya berpusat di tengah kota, tetapi juga menyasar sampai ke tingkat kelurahan dan kecamatan.

Sementara itu infrastruktur pelengkap pembangunan jalur sepeda 10 km, 15 km dan 20 km di Kota Madiun saat ini sudah mencapai 70 persen. Termasuk rambu-rambu yang menjadi kewenangan Dinas Perhubungan saat ini sudah masuk tahap lelang.

Adapun rute jalur sepeda wisata 20 km, start dari Balaikota Jalan Pahlawan-Jalan Perintis Kemerdekaan-Jalan dr. Soetomo-Jalan Diponegoro- Jalan Imam Bonjol- Jalan Pelita Tama- Jalan Bumi Jaya- Jalan Sari Mulya- Jalan Sri Rejeki- Jalan Pilang Dwija- Embung Pilangbango.

Kemudian menuju ke Jalan Pilang Muda- Jalan Pilang Werdha- Jalan Pilang Widya- Jalan Pilang AMD- Jalan Wonoasri- Jalan Ki Ageng Selo- Jalan Slamet Riyadi. Selanjutnya menuju ke Jalan Auri- Jalan Letkol Suwarno- Jalan Taman Praja- Jalan Serayu Timur- Jalan DI Panjaitan- Jalan Sugiyopranoto- Mangkuprajan.

Berikutnya menuju ke Taman Hijau Demangan- Jalan Soekarno Hatta- SPBU Demangan- Jalan Soekarno Hatta- Gudang Bulog- Jalan Trunojoyo- Jalan Mayjend Sungkono- Jalan Hayam Wuruk- Jalan Urip Usmoharjo- Jalan Sidomakmur- finish di Kampung KB Gedongan. (her/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close