Madiun

Pemkot Madiun Pinang Tujuh Investor Metropolis

Arahkan Tanam Modal ke Peceland

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Kota Madiun masih menjadi jujukan penanam modal. Setidaknya tahun ini ada tujuh investor yang berminat menanamkan modal mereka. Nilai investasinya mencapai miliaran rupiah.

Para pemilik modal itu berasal dari dua kota metropolis, Jakarta dan Surabaya. Mereka bergerak di bidang industri, kuliner, tempat hiburan anak-anak, serta perhotelan. Beberapa di antaranya malah sudah melakukan survei lokasi lahan. ‘’Masih sebatas penjajakan. Tapi yang jelas soal (nilai) investasinya nanti menyesuaikan,’’ kata Wali Kota Madiun Maidi.

Beberapa investor itu sempat memaparkan kerja sama program ke pemkot. Misalnya, PT Alam Semesta Baru Raya dari Jakarta yang berniat ingin mengelola sampah di TPA Winongo. Mereka menawarkan investasi dengan mekanisme build operate transfer (BOT) dengan lama waktu kerja sama 25 tahun.

Mereka juga bersedia menanamkan modalnya mencapai Rp 350 miliar pada lima tahun pertama kerja sama. Tentu itu menjadi poin plus bagi pemkot. Apalagi, sampah di TPA Winongo produksinya sekarang sudah lebih dari 11 ton. Namun demikian, tawaran tersebut masih dipertimbangkan oleh pemkot.

Sebaliknya, Maidi mengarahkan sejumlah penanam modal lain untuk berinvestasi di lokasi pembangunan Peceland. Apalagi, tempat tersebut ke depan diproyeksikan sebagai ikon baru daerah sekaligus menjadi windows display Jatim bagian barat. ‘’Kami arahkan sebagian ke Peceland, untuk memperkuat,’’ ujar mantan sekda Kota Madiun itu.

Ada sejumlah pertimbangan yang disampaikan oleh pihak investor terkait rencana mereka ingin menanamkan modal di Kota Madiun. Di antaranya, kemudahan dukungan akses transportasi jalan tol. ‘’Dari Solo hanya satu jam, dari Surabaya hanya 1,5 jam. Jadi, Kota Madiun sudah bukan merupakan daerah asing lagi,’’ klaim Maidi.

Pertimbangan lainnya tingkat konsumsi dan ekonomi masyarakat kota yang terus tumbuh. Karena itu, Maidi berharap seluruh investor segera action untuk menanamkan modalnya. (kid/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button