Madiun

Pemkot Madiun Biayai Kuliah Ratusan Mahasiswa

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pendidikan diyakini mampu memutus mata rantai kemiskinan. Apalagi pendidikan layak merupakan hak seluruh warga. Karena itu, Pemkot Madiun menjamin anak-anak kurang mampu asli kota ini dapat menempuh pendidikan hingga jenjang kuliah.

Jaminan itu berupa beasiswa di berbagai perguruan tinggi, baik di dalam maupun luar kota. Beasiswa itu dialokasikan dari APBD Rp 4,5 juta per semester per mahasiswa. Tahun ini, total 444 penerima beasiswa tersebut.

Wali Kota Madiun Maidi mengungkapkan, beasiswa tersebut merupakan wujud kepedulian pemkot kepada putra-putri Kota Madiun. Tak terkecuali anak dari keluarga kurang mampu yang selayaknya mendapatkan pendidikan tinggi. ‘’Anak pintar yang tidak mampu kita bantu beasiswa. Mereka punya hak membawa perubahan hidup ke depan,’’ kata Maidi, Senin (17/5).

Menurut Maidi, langkah itu sebagai upaya memutus mata rantai kemiskinan. Penerima beasiswa diharapkan dapat membawa perubahan untuk keluarganya. Karena itu, pemerintah hadir memenuhi hak mereka mendapatkan pendidikan tinggi. ‘’Jangan sampai kemiskinan menimbulkan kemiskinan baru. Mereka punya hak sama,’’ ungkapnya.

Dia menilai output upaya tersebut baik. Pemkot melalui dinas pendidikan setempat memantau perkembangan mereka menempuh pendidikan di perguruan tinggi. Utamanya nilai tiap semester dipertahankan agar konsisten baik. ‘’Yang lulus juga kita cek, nilai dipantau dan dipertahankan,’’ tambahnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button