Madiun

Pemkot Madiun Bagikan Seragam Gratis kepada Ribuan Siswa

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Pemkot kembali membagikan seragam gratis kepada ribuan pelajar di Kota Madiun. Tiap siswa mendapatkan dua setel seragam lengkap dengan atributnya. Murid kelas I SDN menerima seragam merah-putih dan Pramuka. Sementara, siswa kelas VII SMPN mendapatkan seragam biru-putih dan Pramuka.

Tak hanya itu, setiap siswa juga mendapatkan ongkos jahit sebesar Rp 300 ribu untuk SMPN dan Rp 260 ribu untuk SDN. ‘’Pembagian seragam gratis ini sebagai bukti tidak ada perbedaan dalam layanan pendidikan kita,’’ kata Wali Kota Maidi, Jumat (8/10).

Maidi menjelaskan, seragam gratis sengaja diberikan berupa kain. Alasannya, untuk membantu para penjahit yang terdampak pandemi. ‘’Kalau dalam bentuk seragam jadi, ekonomi kita nggak jalan, khususnya para penjahit. Kemudian, toko perlengkapan menjahit seperti benang kan juga akan laku,’’ ujarnya.

Wali kota menambahkan, program seragam gratis sekaligus bertujuan menghapus ketimpangan antara siswa satu dengan yang lain. ‘’Sekaligus untuk meringankan beban orang tua siswa di masa pandemi,’’ sebutnya. ‘’Ada siswa anaknya pedagang, buruh, tenaga kesehatan, konglomerat. Dengan seragam gratis menandakan bahwa mereka itu sama. Identitasnya sama, kompetitif mencari ilmu,’’ tambahnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Madiun Lismawati mengatakan, pembagian seragam gratis dijadwalkan tuntas dalam dua hari. Kemarin untuk siswa SMPN dan hari ini pelajar SDN. ‘’Dapat diambil di masing-masing sekolah,’’ ujarnya.

Dia membeberkan, total sasaran seragam gratis di Kota Madiun sebanyak 5.875 pelajar. Perinciannya, 2.640 siswa kelas I SDN dan 3.235 siswa kelas VII SMPN. Program itu digelontor anggaran dari pos APBD tahun ini dengan pagu senilai Rp 1,71 miliar dan harga terkoreksi Rp 1,45 miliar. ‘’Seragam ini rutin tiap tahun kami berikan demi mewujudkan pendidikan di Kota Madiun yang lebih maju,’’ tuturnya. (kid/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button