Mejayan

Pemkab Subsidi Pupuk untuk Petani Kecil

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Jatah pupuk subsidi untuk Kabupaten Madiun tahun ini jomplang dibanding kebutuhan. Menyikapi kondisi tersebut, Pemkab Madiun mencoba meredam keresahan para petani. Anggaran bakal digelontorkan untuk menambah pupuk subsidi. ‘’Kami merencanakan ada subsidi pupuk sekitar Rp 2 miliar,’’ kata Plt Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperta) Kabupaten Madiun Sumanto, Senin (5/4).

Sumanto menjelaskan, gelontoran dana itu untuk meng-cover kebutuhan pupuk. Namun demikian, subsidi pupuk dari pemkab itu tidak untuk seluruh petani. Ada kriteria tertentu, salah satunya luas lahan. ‘’Yang akan dibantu pupuk subsidi dari pemkab, kepemilikan lahan di bawah 0,175 hektare,’’ ujarnya.

Diketahui, jatah pupuk subsidi dari pusat tahun ini memang jauh dari harapan. Jenis urea minus 1.911 ton dari kebutuhan 18.064 ton. Atau hanya dijatah 17.975 ton. Jenis lain, ZA (-5.853 ton), SP-36 (-1,137 ton), Phonska (-20.853 ton), dan organik (-21.264 ton). ‘’Selain rencana alokasi pupuk subsidi dari pemkab, kami juga terus koordinasi dengan pusat,’’ tandasnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button