Ponorogo

Pemkab Ponorogo Usulkan Bangun 100 Jembatan Gantung

Gantungkan Harapan ke Pusat

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Bagi sebagian warga Bumi Reyog, keberadaan jembatan gantung sangat penting untuk akses keluar desa maupun kecamatan. Pun, pengajuan pembangunan jenis jembatan itu kepada pemkab terus mengalir.

Karena itu, pemkab mengusulkan pembangunan sekitar 100 jembatan gantung baru kepada pemerintah pusat. ‘’Ini jadi salah satu prioritas Pak Bupati (Ipong Muchlissoni),’’ kata Sekda Agus Pramono Rabu  (18/12).

Jembatan gantung yang ada di Ponorogo umumnya tidak panjang. Lebarnya pun hanya sekitar lima meter. Materialnya didominasi besi dan baja. Hanya muat untuk lalu lalang pejalan kaki, pesepeda, dan pengendara motor. ‘’Mempermudah mobilitas warga, termasuk barang dan jasa. Dengan jembatan gantung, tidak perlu memutar jauh,’’ ujarnya.

Selama ini jembatan gantung banyak tersebar di sisi barat Ponorogo. Mulai Sukorejo, Kauman, hingga Badegan. Meski begitu, jumlahnya dinilai masih kurang. ‘’Banyak proposal yang diajukan kepada kami. Modelnya yang diinginkan seperti jembatan gantung di Biting, Badegan, itu,’’ kata Agus.

Agus meyakini, pemerintah pusat akan mempertimbangkan berbagai dampak positif yang bisa didapat dari dibangunnya jembatan gantung di suatu desa. Terutama dalam mengangkat ekonomi warga. Harapan yang sama mengiringi berbagai megaproyek yang akan digeber di Ponorogo tahun depan. Menyusul ditetapkannya Bumi Reyog sebagai bagian dari kawasan prioritas nasional Selingkar Wilis.

‘’Jembatan gantung, jalan Selingkar Wilis, dan pelebaran ruas jalan Ponorogo-Madiun. Itu tiga prioritas pemerintah di bidang infrastruktur untuk wilayah Ponorogo tahun depan,’’ sebutnya. (naz/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close