Ponorogo

Pemkab Ponorogo Terancam Krisis PNS

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Pemkab Ponorogo terancam krisis pegawai. Tahun ini 586 pegawai negeri sipil (PNS) pensiun. Sementara seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) ditiadakan. ‘’Itu (jumlah yang pensiun, Red) di luar ASN yang pensiun dini. Jadi hanya reguler,’’ kata Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ponorogo Winarko Arief Minggu (9/8).

Jumlah terbanyak adalah guru. Mencapai 200 orang. Disusul jabatan pelaksana di berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) 71 orang. Sementara, pejabat struktural eselon III dan IV 30 orang. ‘’Arahan dari pemerintah pusat, pengisian guru diprioritaskan. Salah satunya karena ini,’’ jelasnya.

Ada tiga posisi pejabat eselon II-B yang kosong dan diisi pelaksana tugas (Plt). Yakni, kepala dinas kependudukan catatan sipil (dispendukcapil), sekretaris DPRD, dan asisten III. Tahun depan, tiga kepala dinas pensiun. Yakni, kepala dinas perhubungan, kepala dinas kesehatan, dan asisten I. ‘’Untuk tahun ini eselon II-B tidak ada yang pensiun,’’ ujarnya.

Menurut Winarko, angka PNS pensiun tahun ini paling tinggi. Tahun lalu, tidak sampai 500 orang. Tahun ini nyaris mencapai 600. ‘’Tapi baru ada seleksi CPNS lagi 2021, ini yang akan coba dimaksimalkan untuk menutup kekurangan pegawai, terutama guru,’’ sebutnya. (naz/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close