Ponorogo

Pemkab Ponorogo Buka Pintu Kerja Sama dengan Slovakia

PONOROGO, Jawa Pos Radar Ponorogo – Ponorogo International Mask and Folklore Festival (PIMFF) 2019 membuka lebar pintu kerja sama mancanegara. Kemeriahan event itu disambut hangat Jaroslav Chlebo yang kepincut datang ke Bumi Reyog. Dubes Slovakia itu menyaksikan langsung penampilan delegasi dari negaranya di panggung PIMFF. ‘’Ini adalah cara terbaik untuk bisa saling bertukar pikiran dan saling memahami,’’ katanya seusai menyaksikan pentas di hari ketiga, Senin (29/7).

Chlebo datang ke Bumi Reyog bersama istri. Mengendarai mobil berpelat diplomatik CD 109 01, keduanya tiba di Pringgitan, petang. Disambut Bupati Ipong Muchlissoni dan Sri Wahyuni Ipong Muchlissoni. Keduanya sempat berbincang di ruang tamu sebelum melanjutkan pembicaraan di meja makan. Sate ayam khas Ponorogo menjadi andalan menjamu tamu istimewa ini.

Usai perbincangan tertutup itu, Chlebo berganti busana Ponoragan seperti yang dikenakan Ipong. Lantas menghadiri pentas PIMFF di Padepokan Reyog Ponorogo. Di atas venue, Chlebo mengungkapkan kegembiraannya bisa menghadiri PIMFF 2019. ‘’Sangat senang bisa hadir di tengah-tengah masyarakat yang begitu banyak,’’ ucapnya.

Chlebo mengapresiasi gelaran PIMFF. Menurutnya, event semacam itu merupakan sarana diplomasi publik yang efektif untuk mengenalkan budaya negaranya. Pun, menjadi sarana membangun jalinan kemesraan antara banyak negara dengan Indonesia, begitu sebaliknya. Secara spesifik, dia berharap pementasan Folklore Ensemble Kopaniciar di PIMFF membuat masyarakat setempat lebih mengenal kesenian tradisional dari negaranya. ‘’Ini cara kami mengekspresikan kecintaan dan ikatan yang kuat terhadap leluhur,’’ imbuh Chlebo.

Kedatangan tamu dari negara Balkan itu diapresiasi tinggi oleh bupati. Kesempatan istimewa ini, kata Ipong, melebarkan peluang kabupaten ini untuk dikenal lebih luas lagi. ‘’Meskipun baru pertama kali, ini satu bukti bahwa Ponorogo bisa dikenal dunia. Sebagai masyarakat Ponorogo, kami bangga dengan kehadiran Dubes Slovakia,’’ ucapnya. (naz/c1/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close