Pacitan

Pemkab Pacitan Waspadai Penyebaran Korona, Siapkan Kamar Isolasi di RSUD Darsono

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Adanya dua pasien korona di Indonesia membuat Pemkab Pacitan siaga. Terlebih, Kota 1.001 Gua merupakan daerah wisata yang saban hari dikunjungi ribuan pelancong. Enggan kecolongan, pemkab menyiapkan satu kamar isolasi di RSUD dr Darsono bagi suspect penyakit tersebut. ‘’Ada satu ruang isolasi di sana. Apabia ada pasien bisa langsung diisolasi,’’ kata dr Imam Darmawan, direktur RSUD dr Darsono, Rabu (4/3).

Imam menjelaskan, jika terdapat suspect korona, petugas medis bakal melakukan pemeriksaan untuk mengetahui indikasi terjangkit Covid-19. Bila terbukti positif, pihaknya bakal merujuk pasien ke RSUD dr Soedono, Kota Madiun, yang memiliki fasilitas lebih lengkap. ‘’Ambulans juga sudah kami siapkan,’’ ujarnya.

Para petugas juga dibekali alat pelindung diri (APD) berstandar penanganan pasien HIV/AIDS. ‘’Kami sudah siapkan antisipasi semaksimal mungkin apabila ada kasus korona di Pacitan,’’ tutur Imam.

Bupati Pacitan Indartato mengamini wabah korona menjadi atensi pemkab. Pun, pihaknya telah menyebar instruksi kewaspadaan penyakit tersebut ke puskesmas maupun desa. Termasuk mengimbau warga menerapkan pola hidup sehat.

‘’Makan dengan gizi seimbang, berolahraga, dan cuci tangan,’’ imbaunya.  ‘’Kami tentu lakukan antisipasi. Dan, jangan sampai orang takut berwisata ke Pacitan,’’ imbuhnya. (gen/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close