PacitanPendidikan

Pemkab Pacitan Kaji Buka Sekolah Lagi

Janjikan Hasil Pembahasan Keluar sebelum 17 Agustus

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Keputusan pemprov menggelar uji coba pembelajaran tatap muka bagi pelajar SMA/SMK direspons terbuka Pemkab Pacitan. Sejak kebijakan itu dilonggarkan, pemkab mulai melakukan kajian secara mendalam. ‘’Pembahasan masih kami lakukan dengan litbang dan TGTP (Tim Gugus Tugas Penanggulangan, Red), apakah nanti pada 18 Agustus ikut buka (sekolah) atau tidak,’’ kata Ketua TGTP Covid-19 Pacitan Indartato Rabu (12/8).

Diakuinya, siswa memang sudah rindu belajar di sekolah. ‘’Mereka kangen bertemu teman, guru, juga pembelajarannya,’’ ujar Indartato. Karena itu, dia berharap hasil kajian sudah bisa diketahui sebelum Senin (17/8). ‘’Harapannya ada persiapan dan perimbangan apakah kegiatan belajar-mengajar (KBM) di sekolah layak kembali dilaksanakan,’’ imbuh bupati Pacitan itu.

Meski demikian, dia memastikan akan tetap melanjutkan pembelajaran dalam jaringan (daring) apabila hasil kajian tidak memuaskan. ‘’Kalau hasil kajian banyak yang bagus, tentu akan kami buka. Kalau banyak negatifnya, akan kami pertimbangkan kembali,’’ terang Indartato.

Diungkapkannya, potensi penularan di sekolah memang bisa muncul. Karena itu, Indartato berharap ada penerapan protokol kesehatan ketat, juga kebijakan pembatasan jam pembelajaran serta jumlah siswa di kelas. ‘’Secara prasarana kita siap, tinggal kedisiplinan kita siap tidak. Yang jelas, tanpa kesadaran, saya kira sulit,’’ tuturnya. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
close