Pacitan

Pemkab Pacitan Dukung Maksimal Percepatan Pembangunan

Tanpa Industri Pelabuhan Tak Berguna

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rencana pembangunan Pelabuhan Gelon bakal segera terwujud. Sebab, keberadaannya dinilai bakal berdampak signifikan bagi ekonomi Pacitan. Selain mempermudah pengiriman barang via laut, juga bakal jadi magnet bagi investor menanamkan modalnya di Pacitan.

‘’Ini sedang kita lihat, perkembangan apa saja yang bisa dibuat. Tadi Pak Bupati (Indartato, Red) mengatakan pariwisata salah satunya,’’ kata Deputi Bidang Koordinasi Percepatan Infrastruktur  dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Wahyu Utomo saat berkunjung ke Pacitan Sabtu (18/1).

Wahyu mengungkapkan, dalam Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembanguan Wilayah, Pacitan termasuk salah satunya. Selain infrastruktur pelabuhan, anggaran miliaran rupiah juga bakal digelontorkan untuk pembangunan aksesibilitas kawasan wisata geopark. Sebab, jadi potensi perkembangan wisata di Kota 1.001 Gua. ‘’Geopark akan dikoordinasikan dengan kementerian yang membidanginya,’’ ujarnya.

Jangka panjangnya, percepatan pembanguan bakal berdampak pada perkembangan ekonomi. Industri besar bakal bermunculan di Pacitan. Kedatangannya tersebut untuk meninjau kesiapan pemerintah setempat. ‘’Industrinya harus dibangun juga. Kalau tidak, pelabuhan nggak ada gunanya. Ini akan kami lihat barangnya dari mana saja agar pelabuhan bisa jalan,’’ papar Wahyu.

Usai peninjauan, selanjutnya bakal disusun rencana aksi dengan pemerintah daerah, provinsi, serta pusat. Sehingga, akan diketahui daerah mana yang siap dan masih butuh dorongan. ‘’Tentu yang belum siap akan kami carikan solusinya dan dibantu sampai siap,’’ tuturnya.

Sementara itu, Bupati Pacitan Indartato menyatakan bahwa pemkab maksimal mendukung percepatan pembangunan tersebut. Salah satunya, koordinasi, komunikasi, serta konsultasi dengan pemerintah yang lebih atas.  ‘’Saya minta Pak Sekda (Heru Wiwoho, Red) dan jajaran melakukan antisipasi dan analisis, baik aturan maupun apa saja yang bisa dikembangkan, termasuk risiko dampak,’’ ujarnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button