AdvertorialNgawi

Pemkab Ngawi Maksimalkan Pembangunan sampai Pedesaan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – 2019 menjadi tahun penting bagi Bupati Ngawi Budi ‘’Kanang’’ Sulistyono untuk memaksimalkan perencanaan kinerja kepemimpinan daerah. Sebab, 2021 nanti Bumi Orek-Orek sudah menyongsong pergantian pemimpin baru. ‘’Saya ingin memaksimalkan semuanya dalam perencanaan di tahun ini,’’ kata Bupati Budi Sulistyono, Minggu (15/12).

Bersama Wakil Bupati Ony Anwar Harsono, ada beberapa program yang bakal digenjot pelaksanaannya di tahun depan. Mulai dari pembangunan infrastruktur yang akan dimaksimalkan hingga menjangkau pedesaan. Kanang juga ingin memaksimalkan perencanaan pembangunan kawasan industri di kabupaten berpenduduk hampir satu juta jiwa tersebut. ‘’Tahun depan, kami harus punya gambaran konkret terkait pembangunan industri,’’ ungkapnya.

Sejumlah rencana pembangunan itu disambut positif pemerintah pusat. Terutama dalam mendorong upaya pemkab untuk mewujudkan pembangunan industri dan kawasan ekonomi baru. Misalnya mengenai usulan pembangunan interchange baru di Nglondan, Karanganyar. ‘’Itu (interchange baru) akan kami gandengkan dengan wilayah industri yang akan dibangun,’’ ungkapnya.

Kebetulan, Ngawi juga bakal mendapat investasi sekitar tiga triliun untuk pembangunan kawasan industri. Rencananya, kawasan itu akan dibangun di empat wilayah meliputi Gendingan, Mengger, Karangbanyu dan Karanganyar. Luas wilayah yang disediakan kurang lebih sekitar 1.000 hektare dari lahan milik masyarakat maupun perhutani. ‘’Kami berharap semua itu bisa dieksekusi pada 2020 nanti,’’ harapnya.

Pengembangan pariwisata juga bakal menjadi program utama yang dilakukan setahun ke depan. Saat ini, sudah dimulai restorasi benteng Van Den Bosch yang juga dibantu pemerintah pusat. Tahun depan, pemkab Ngawi juga bakal mendapat bantuan pengembangan kawasan agro wisata. Sejumlah pembangunan itu bagian dari visi-misi kepemimpinan daerah selama ini. Kanang juga melihat masih banyak potensi yang belum dioptimalkan. Seperti pertanian yang masih berkutat pada proses produksi. Belum menyentuh pengolahan dan perdagangannya. ‘’Jika itu mampu dimaksimalkan tentu bakal menambah kesejahteraan para petani.’’

Potensi alam Ngawi juga luar biasa. Tidak kalah dengan Magetan dan daerah lain. Itu juga perlu digarap supaya ke depan bisa memberikan manfaat lebih bagi masyarakat. Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan para entrepreneur yang mampu melakukan sejumlah terobosan. Sehingga ke depan bakal tercipta suatu kawasan ekonomi baru di beberapa wilayah. Potensi itu menjadi tantangan bagi pemimpin berikutnya. ‘’Masih banyak potensi yang perlu dioptimalkan untuk kesejahteraan masyarakat Ngawi,’’ ungkapnya. (tif/adv/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close