AdvertorialNgawi

Pemkab Ngawi Gelar Road Show Sosialisasi Cukai

Serius Perangi Peredaran Rokok Ilegal

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Upaya menekan peredaran rokok ilegal atau rokok polos terus dilakukan Pemkab Ngawi. Kali ini, bagian administrasi perekonomian sekretariat daerah (setda) setempat menggandeng Kantor Pengawasan  dan  Pelayanan Bea dan Cukai Madiun, Polres Ngawi, serta Kejari Ngawi.

Bertempat di pendapa kantor Kecamatan Pitu, Selasa (6/10) digelar sosialisasi tentang cukai. Acara diikuti 40 peserta, terdiri Muspika Kecamatan Pitu, beberapa kepala desa, dan pedagang rokok eceran. ”Untuk besok (hari ini, Red) diadakan di Kecamatan Padas,” kata Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Setda Ngawi Aris Dewanto usai acara.

Aris menjelaskan, sosialisasi cukai tahun ini digelar di enam kecamatan. Selain Pitu, ada Padas, Pangkur, Kasreman, Gerih, dan Kwadungan. ”Warga  yang mengetahui adanya peredaran rokok ilegal bisa melaporkan langsung ke Bea Cukai atau kepolisian,” ujarnya sembari menyebut sejauh ini di Ngawi nihil peredaran rokok tanpa cukai.

Sementara, Plt Kasi Pelayanan Kepabeanan dan Cukai Madiun Yunus Rohmadi menyatakan banyak produk yang dikenakan cukai. Di antaranya, etil alkohol atau etanol, minuman keras, kantong plastik, dan hasil tembakau. ‘’Cairan Vape (rokok elektrik, Red) juga kena cukai,” sebutnya.

Yunus mengatakan, target penerimaan negara dari sektor cukai tahun ini sebesar Rp 179,3 triliun. Pun, pengawasan maupun sosialisasi seputar cukai terus digalakkan. ”Rokok ilegal biasanya mereknya mirip rokok resmi, tidak ada nama pabrik, dan harganya sangat murah,” jelasnya.

Dia berharap, para peserta meneruskan informasi yang didapat dari sosialisasi ini kepada lebih banyak orang. ”Kami siap memberikan penjelasan terkait cukai maupun laporan temuan rokok ilegal dengan menghubungi 1500225 atau datang langsung ke kantor Bea Cukai terdekat,” pungkasnya. (rio/c1/isd/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close
               
         
close