Ngawi

Pemkab Ngawi Bertahap Tambah Mobil Damkar Baru

Masing-Masing Telan Rp 1,5 M

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab Ngawi terus menambah armada pemadam kebakaran (damkar) mereka. Totalnya ada dua unit. Hanya, pengadaannya dilakukan pada Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) 2019 dan APBD 2020. ‘’Tahun ini satu unit dan tahun depan juga satu unit,’’ kata Kepala Satpol PP Ngawi Eko Heru Tjahjono Minggu (24/11).

Heru menjelaskan, pada PAK tahun ini pemkab mengalokasikan anggaran sekitar Rp 1,5 miliar untuk pengadaan mobil damkar berkapasitas 3.000 liter. Dia berharap pengadaan mobil damkar itu klir pada bulan depan. ‘’Sudah hampir jadi, perkiraan awal bulan depan sudah terkirim,’’ ujarnya.

Sedangkan untuk kebutuhan tahun depan, pihaknya juga menyodorkan dengan nilai anggaran yang sama. Karena bentuk dan model armada damkar baru tahun depan sama persis dengan saat ini. ‘’Mobil damkar yang besar harganya juga lebih mahal, bisa Rp 3–4 miliar,’’ sebut Heru.

Selain pengadaan armada baru, satpol PP juga mengusulkan agar mobil damkar yang rusak akibat kecelakaan lalu lintas tunggal beberapa waktu lalu direkondisi. ‘’Jadi, selain pengadaan baru, kami juga minta anggaran untuk memperbaiki armada yang rusak itu,’’ tuturnya.

Dengan tambahan dua armada baru nanti, berarti total mobil damkar yang dimiliki Satpol PP ngawi ada empat unit. Heru mengaku belum bisa membaginya di beberapa titik lain. Sebab, saat ini jumlah personel pemadam kebakaran masih terbatas. ‘’Hanya 18 personel se-Ngawi,’’ ungkapnya.

Jumlah tersebut idealnya memang hanya cukup untuk satu pos. Serta harus dibagi tiga sif. ‘’Butuh proses yang panjang, tapi kami pasti berupaya untuk hal itu (menempatkan armada di beberapa lokasi lain, Red),’’ tandasnya. (tif/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button