AdvertorialMagetan

Pemkab Magetan Beri Perbaikan Melalui Program BSPS

320 Warga Dapat Hunian Nyaman

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Sebanyak 320 unit rumah tidak layak huni di 16 desa dari delapan kecamatan di Kabupaten Magetan diperbaiki. Masing-masing berkat program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2019 yang bersumber dari anggaran satuan kerja non vertikal tertentu (SNVT) Dirjen Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur. Bantuan itu diserahkan Bupati Magetan Suprawoto secara simbolis di Balai Desa Bulu, Sukomoro, Rabu (18/12). ‘’Pemenuhan rumah yang sehat dan layak huni harus terus dipacu,’’ katanya.

Kabid Perumahan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan Sujono mengatakan, penyaluran bantuan dari SNVT tersebut sangat membantu Pemkab Magetan dalam membangun RTLH di Magetan. Sebab, APBD Kabupaten Magetan sangat terbatas dan tidak bisa menangani seluruh RTLH yang mencapai ribuan jumlahnya. ‘’Kami sangat berterima kasih dan berharap tahun berikutnya tetap menjadi prioritas. Supaya semakin banyak RTLH di Magetan yang dibangun,’’ ujarnya.

Tenaga Ahli Konsultan Manajemen Provinsi Jawa Timur Riva Siregar mengatakan, BSPS bertujuan meningkatkan kualitas hunian masyarakat. Nilai bantuan itu mencapai Rp 17,5 juta per unit. Untuk memverifikasi penerima bantuan, direkrut tim pendamping koordinator fasilitator (korfas) dan tenaga ahli lapangan. ”Tujuan akhirnya untuk menciptakan keluarga Indonesia yang berkualitas dan nantinya akan muncul generasi muda yang lebih baik,” jelasnya.

Suratno, salah seorang penerima bantuan asal Desa Bulu, Sukomoro, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Magetan dan SNVT Penyediaan Perumahan Jatim atas bantuan perbaikan rumahnya. Sehingga, rumahnya bagus dan lebih nyaman dari sebelumnnya. Selama ini, dia memang kesulitan untuk memperbaiki rumahnya. Lantaran penghasilan yang tak seberapa. Hanya cukup untuk pemenuhan kebutuhan sehari-hari. ‘’Sekarang sudah tidak takut lagi kalau hujan atapnya bocor,’’ pungkasnya. (ebo/bel/c1/odi/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close