Mejayan

Pemkab Madiun Siap-Siap Buka Pembelajaran Tatap Muka Juli

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Rencana pembelajaran tatap muka (PTM) sudah bulat. Pun telah dibahas pihak-pihak terkait. Itu untuk menyeimbangkan sisi kesehatan dan pendidikan siswa di tengah situasi pandemi Covid-19. ‘’Persiapan sekaligus evaluasinya sudah. Terpenting saat ini adalah sinergitas antarpihak terkait,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Madiun Siti Zubaidah, Sabtu (15/5).

Pandemi Covid-19 telah merusak tatanan dunia pendidikan. Ada hak-hak siswa yang tidak maksimal didapatkan dibanding sebelum korona mewabah. Kendati pemkab telah melakukan berbagai upaya seperti pembelajaran jarak jauh (PJJ), modul pembelajaran, radio, sampai guru kunjung, ada satu lubang yang sulit ditutup. Yakni, pendidikan karakter. ‘’Sehingga, Juli mendatang kita bisa melaksanakan PTM sesuai ketentuan pemerintah pusat,’’ ungkap Siti.

Persiapan sarana-prasarana (sarpras) beres setelah uji coba PTM di dua lembaga pendidikan bulan ini. Yakni, SDN Mejayan 01 dan SMPN 1 Mejayan. Pun sudah dibuatkan video pelaksanaan uji coba sebagai role model bagi sekolah lain yang hendak melaksanakan PTM. ‘’Juli nanti PTM bertahap, tidak semua satuan pendidikan. Kesiapan sekolah harus benar-benar matang,’’ ujar Siti.

Siti menyebut, ada dua sekolah lagi di wilayah Kecamatan Dolopo yang mengajukan izin PTM ke dindik. Lembaga pendidikan jenjang PAUD sampai SMP mesti mengajukan izin ke dikbud sebelum menggelar PTM. Sehingga, dikbud dapat melakukan visitasi guna memastikan kesiapan sekolah. ‘’Sekolah tidak sekadar siap soal sarpras dan penerapan protokol kesehatan. Kejelasan penanganan terhadap kemungkinan terjadi hal yang tidak-tidak juga harus ready,’’ ungkapnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button