Mejayan

Pemkab Madiun Dapat Hibah Monumen Pesawat Nomad dari TNI AL

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Masyarakat Kabupaten Madiun patut berbangga. Sebab, salah seorang putra daerah setempat menduduki posisi tertinggi matra kemiliteran di negeri ini. Yakni, Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. Lebih membanggakan lagi, meski berpangkat bintang empat, dia tetap peduli pada daerah asalnya.

Ya, institusi TNI-AL yang dipimpin Yudo Margono berencana menghibahan monumen pesawat Nomad. Bakal mendaratnya burung besi pengintai lautan itu tak lepas dari sosok asli kabupaten tersebut. ‘’Hibah monumen pesawat Nomad merupakan apresiasi dari beliau,’’ kata Wabup Madiun Hari Wuryanto, Kamis (27/5).

Jajaran TNI-AL datang ke Kabupaten Madiun Selasa lalu (25/5). Mereka diterima Wabup bersama jajarannya di pusat pemerintahan (puspem) Mejayan. Mereka membahas tindak lanjut rencana tersebut. ‘’Yang datang itu ibarat DPUPR-nya TNI-AL. Sudah dilakukan survei lokasi juga untuk penempatan pesawat,’’ ujar Hariwur, sapaan Wabup.

Pemkab Madiun akan menerima pesawat yang semasa aktifnya dioperasikan sebagai pengintai pergerakan musuh di lautan itu. Pesawat dengan bobot lebih dari dua ton itu berkapasitas dua awak. ‘’Ada dua titik lokasi yang disurvei, Taman Asti Caruban dan alun-alun,’’ sebut Hariwur.

Sekitar satu bulan lagi laksamana putra daerah asli Desa Garon, Balerejo, itu berencana pulang kampung dan bertemu bupati. Artinya, akan ada kunjungan lagi untuk mematangkan penempatan monumen pesawat Nomad itu. ‘’Karena tidak asal memasang. Sisi estetika dan keselamatan juga harus dipikirkan,’’ ungkapnya. (den/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button