Mejayan

Pemkab Madiun Buka Peluang BUMDes Kelola Setoran PBB-P2

MEJAYAN, Jawa Pos Radar Caruban – Tidak hanya Perusahaan Daerah Bank Perkreditan Rakyat (PD BPR) Bank Daerah Kabupaten Madiun yang bersedia diduakan dengan Bank Jatim. Badan usaha milik desa (BUMDes) pun bersedia mengelola setoran pajak bumi dan bangunan perdesaan dan perkotaan (PBB-P2) demi optimalisasi capaian PBB-P2 di kabupaten ini.

Sebab, masih banyak kendala. Antara lain jangkauan pelayanan penyetoran. Idealnya, urusan ini selesai di tingkat desa jika memegang prinsip memudahkan masyarakat wajib pajak (WP). ‘’BUMDes sempat disinggung dalam RDP (rapat dengar pendapat) terkait PBB-P2 waktu itu,’’ kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Madiun Joko Lelono, Sabtu (9/10).

Menurut dia, keberadaan BUMDes dilirik sejumlah pihak peserta RDP sebagai konektor penarikan PBB-P2. Disinggung soal itu, Joko menyatakan dukungan. Jika diperlukan, pihaknya siap. Bahkan, sebagian BUMDes dari total 198 desa di Kabupaten Madiun telah menjalin kerja sama dengan Bank Jatim. ‘’Saat ini sudah ada sekitar 27 BUMDes,’’ ungkapnya.

Meski demikian, Joko enggan buru-buru mengklaim kesiapan seluruh BUMDes jika kelak menjadi konekter perluasan jangkauan pelayanan PBB-P2. Sebab, urusan pajak ini memiliki sistem pengelolaan khusus. Sehingga, perlu koordinasi intens untuk mematangkan kesiapan. ‘’Kami mendukung. Tapi, bapenda dan Bank Jatim lebih paham terkait sistemnya. Termasuk standar kelayakan BUMDes untuk itu,’’ terangnya. (den/c1/sat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button