Ngawi

Pemkab Gratiskan Biaya Pengobatan

NGAWI – Ini angin segar bagi para petugas pemilu. Pemkab bakal menggratiskan biaya pengobatan para ‘’pejuang demokrasi’’ yang jatuh sakit saat menjalankan tugas kepemiluan. Baik yang berobat di RSUD dr Suroto maupun puskesmas. ‘’Saya sudah minta kepala dinas dan direktur rumah sakit supaya digratiskan,’’ kata Bupati Ngawi Budi ‘Kanang’ Sulistyono usai meninjau kegiatan rekapitulasi suara tingkat kabupaten di Gedung Dwi Pakci kemarin (29/4).

Kanang mengaku telah mendapat informasi mengenai banyaknya petugas pemilu di Ngawi yang sakit. Sayang, upaya KPU mengajukan klaim asuransi jaminan sosial kepada BPJS Ketenagakerjaan bertepuk sebelah tangan. ‘’Masih ada persepsi yang berbeda, terutama soal risiko,’’ tuturnya.

Dia mengatakan, pihak BPJS Ketenagakerjaan menyatakan hanya risiko kecelakaan kerja dan kematian yang bisa dibantu. Padahal, menurutnya, risiko kelelahan itu juga patut dipertimbangkan. Karena itu, sebelum kesamaan persepsi antara KPU dan BPJS, biaya pengobatan akan di-cover pemkab. ‘’Dibantu pemerintah daerah dulu,’’ ujarnya.

Menurut Kanang, tidak sepatutnya pihaknya hanya berdiam diri. Sementara, para petugas pemilu sudah mencurahkan tenaga, pikiran, bahkan kesehatannya demi pemilu yang lancar dan sukses. ‘’Makanya, pemerintah daerah akan membantu untuk biaya pengobatannya,’’ ungkapnya.

Berdasarkan data KPU, sebanyak 27 petugas pemilu di Ngawi menderita sakit, satu orang mengalami keguguran, dan seorang lainnya meninggal dunia. Diketahui, saat ini sebagian masih rawat jalan dan masa pemulihan. ‘’Kalau yang sudah sehat ya sudah, yang penting kan sehat,’’ jawab Kanang saat ditanya perhatian pemkab bagi petugas yang sakit namun sekarang sudah sehat.

Kanang menambahkan, ke depan perlu ada evaluasi bagi penyelenggara pemilu supaya kasus serupa tidak terulang. Sebab, pada pesta demokrasi kali ini cukup banyak petugas yang sakit, bahkan meninggal. Tak hanya warga sipil, tapi juga dari kalangan TNI dan Polri. ‘’Kami sangat respek kepada para petugas pemilu, semuanya,’’ pungkas Kanang. (tif/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button