AdvertorialMagetan

Pemkab Gelar FGD Tahap II Bahas Magetan Menuju SmartCity

Integrasi Data Efektifkan Kinerja

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Niatan menjadikan Magetan sebagai ikon SmartCity jalan terus. Senin (2/11) Bupati Suprawoto menggelar focus group discussions (FGD) tahap dua di ruang rapat Ki Mageti Setdakab. Fokus pembahasannya penyusunan road map masterplan SmartCity.  

Kang Woto, sapaan bupati, menyebut, organisasi perangkat daerah (OPD) yang terlibat dalam FGD kali ini diajak bekerja sama. Setelah dalam FGD tahap I masing-masing OPD menunjukkan sumber daya yang dimiliki. Langkah itu bentuk mengintegrasikan sumber daya dan data. Nantinya disusun regulasi khusus untuk memayungi hal tersebut. ‘’Sehingga arahnya jelas,’’ ujarnya.

Integrasi data demi efektivitas kinerja. Misalnya, menghindari dobel bantuan untuk satu penerima. ‘’Yang lebih penting ke depannya bisa muncul SmartTourism, SmartEconomy, dan smart yang lainnya,’’ ucap Kang Woto.

Periode penerapan SmartCity bertahap dalam lima tahun. Sesuai rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD). ‘’Kami berharap bisa dipercepat. Misalnya, pengintegrasian data rampung 2021 dan seterusnya,’’ tuturnya.

Kang Woto menyebut, FGD tahap II bukan yang terakhir. Nantinya ada rapat susulan dengan skala kecil dan terbatas untuk mematangkan rencana. Kendati demikian, di setiap tahapannya selalu didampingi tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya yang diketuai Dr. Ir. Endroyono, DEA. ‘’Agar semakin mudah memahami, kami selalu minta advokasi dari ITS,’’ tandasnya. (odi/c1/cor/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button