Magetan

Pemkab Bakal Bangun RTH di 3 Kecamatan

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Ruang terbuka hijau (RTH) di Magetan bakal bertambah tiga. Yakni, Taman Tiara di Kecamatan Magetan, Pancasila di Barat, dan Mandala di Maospati. ‘’Kami jadikan tiga paket pekerjaan. Masing-masing pemenangnya sudah ada,’’ kata Plt Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Magetan Mujiono Selasa (15/10).

Mujiono menyebut, pemenang lelang Taman Tiara adalah CV Nity Kencana. Perusahaan konstruksi itu juga memenangi pelelangan pembangunan Taman Mandala. Sedangkan Taman Pancasila di Kecamatan Barat dimenangkan oleh CV Mutiara. ‘’Kami berharap pengerjaannya bisa selesai tepat waktu karena sudah semakin mepet,’’ ujarnya.

Menurut dia, pembangunan taman-taman itu bukan hanya demi mempercantik wajah kota. Melainkan juga untuk menangkal dampak efek rumah kaca. ‘’Sekaligus menjadi tempat bersantai keluarga,’’ imbuh Mujiono.

Taman-taman yang bakal dibangun itu tak hanya akan ditumbuhi tanaman hijau, tapi juga diberi ornamen yang bisa mempercantik tampilan RTH saat malam hari. ‘’Misalnya lampu hias seperti yang terpasang di taman Stadion Yosonegoro dan Pasar Baru,’’ tuturnya.

Dia menyebut, taman-taman itu bakal dibangun bukan di lahan milik perseorangan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari dengan pemilik. ‘’Jika menggunakan TKD (tanah kas desa, Red) lebih aman,’’ katanya.

Mujiono menambahkan, terkait perawatan taman-taman itu disperkim bakal menggandeng pemdes atau pemerintah kelurahan setempat. ‘’Jika ada kerusakan kecil, pemdes maupun kelurahan bisa ikut memperbaikinya. Sedangkan kerusakan besar diambil alih disperkim. Intinya, saling membantu untuk menjaga,’’ pungkasnya. (bel/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button