Magetan

PEMILU 2019: Situng Berjalan Lambat

MAGETAN – Proses mengunggah pindai atau scan data formulir C1 ke aplikasi sistem informasi perhitungan suara (situng) yang dilakukan KPU Magetan berjalan lambat. Akibatnya, C1 yang berhasil terunggah melalui website KPU pusat baru tersentuh di angka 25 persen dari 2.208 TPS di Magetan. ’’Keterlambatan bukan dari sistem jaringan, melainkan dari server KPU RI hanya satu pintu jadi harus mengantre, ‘’ kata Komisioner KPU Magetan Nur Salam.

Salam mengatakan, jika pemilu 2019 tahapan perhitungan suara berbeda dengan pesta demokrasi sebelumnya. Dimana semua tahapan yang dulunya hanya bersifatnya manual kini harus di-input langsung oleh KPU yang ada di daerah ke tingkat pusat, melalui website yang sudah ditentukan. Di sisi lain kegiatan itu untuk menghindari adanya kecurangan, ‘’Jadi kalau di input melalui website semua masyarakat bisa langsung mengetahui hasil di setiap daerahnya masing masing seluruh Indonesia, ‘’ jelasnya.

Kendala server milik KPU pusat yang mengakibatkan keterlambatan itu tidak akan mengganggu adanya proses perhitungan suara. Dimana sesuai dengan target yang ditentukan oleh KPU Magetan, kegiatan itu bisa selesai hingga akhir pekan ini, ’’Rekapitulasi tingkat KPU yang rencananya kami laksanakan Senin (30/4) mendatang, ‘’ ungkapnya.

Salam menambahkan, jika dalam proses situng sudah mengerahkan 15 operator. Mereka bekerja memindai dan memasukkan data formulir C1. Akan tetapi, kata dia, kembali lagi karena kendala di server milik KPU pusat yang membuat proses berjalan lambat. Sehingga seluruh data perolehan surat suara berdasarkan formulir c1 sementara tidak bisa ditampilkan sepenuhnya. ’’Kami sudah minta agar terus bersemangat bekerja dan berhati-hati ketika input data,’’ ujarnya. (mgc/ota)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button