PolitikPonorogo

PEMILU 2019: Pastikan Kesehatan Petugas dan Pemilih

PONOROGO – Kesehatan menjadi isu penting Pilpres 2019. Banyaknya penyelenggara pesta demokrasi yang gugur, membuat pengecekan kesehatan menjadi atensi. Di Ponorogo, tak kurang dari 12 petugas kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) dan 1 petugas pemungutan suara (PPS) tumbang lantaran terforsir. Bahkan, beberapa di antaranya harus opname.

Kemarin (25/4), tim medis turut diterjunkan ke TPS 06 Bancangan. Satu dokter beserta dua paramedis dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Ponorogo memeriksa seluruh petugas sebelum melayani pemungutan suara ulang (PSU) yang dimulai pukul 07.00. ‘’Kami sudah datang sebelum TPS dibuka. Target kami memastikan kesehatan setiap petugas,’’ kata Eko Prasetyo, petugas medis dari Puskesmas Wringinanom.

Eko mengakui baru sekali ini tim medis diikutsertakan dalam pesta demokrasi. Dari hasil cek kesehatan, seluruh petugas dinyatakan sehat. Meski demikian, tim medis tetap menanti seluruh rangkaian pemungutan berakhir. Mengantisipasi hal tak diinginkan terjadi. ‘’Kami juga berikan cek kesehatan gratis kepada seluruh pemilih. Semoga ini juga bisa mendongkrak partisipasi,’’ tuturnya.

Eko pun berharap kontribusi medis yang diberikan dapat memberi sumbangsih atas kelancaran PSU di TPS 06 Bancangan. Keikutsertaan kali pertama ini juga memberi pengalaman berharga bagi petugas medis terkait. ‘’Bangga rasanya dilibatkan dalam pesta demokrasi seperti ini,’’ tandasnya. (mg7/fin)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button