News

Pembudidayaan Pohon Kina Adalah Untuk

×

Pembudidayaan Pohon Kina Adalah Untuk

Share this article

Pembudidayaan Pohon Kina Adalah Untuk – Penelitian masih terus dilakukan terkait upaya penyembuhan penderita virus Corona. Salah satunya disampaikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dalam sebuah acara di salah satu saluran TV swasta.

Ridwan Kamil menjelaskan, penelitian yang dilakukan US National Institutes of Health menemukan klorokuin fosfat mampu memperbaiki kondisi pasien COVID-19. Di Wuhan, 100 pasien dilaporkan membaik setelah menerima klorokuin fosfat. Ternyata, kandungan klorokuin fosfat juga terdapat pada pohon kina yang tumbuh di Jawa Barat.

Pembudidayaan Pohon Kina Adalah Untuk

Namun, sejauh ini diperlukan lebih banyak penelitian. Ridwan Kamil juga mengimbau perguruan tinggi untuk membantu penelitian manfaat pohon kina terhadap COVID-19.

Agr.312 Handout Simplisia Batang Dan Kulit Batang

Namun, kina tidak hanya diduga dapat memperbaiki kondisi pasien virus corona, kina juga diketahui bermanfaat bagi pasien malaria. Selanjutnya, apa saja manfaat dari pohon quince? Yuk baca selengkapnya di bawah ini, seperti dikutip dari WebMD.

Seperti yang telah disebutkan di atas, ekstrak kina dipercaya mampu mengatasi penyakit malaria. Ini karena pohon kina mengandung klorokuin fosfat yang mencegah perkembangbiakan parasit malaria di dalam darah.

Perut kembung, perut kembung dan masalah lainnya bisa diredakan dengan mengonsumsi ekstrak pohon kina. Biasanya ekstrak pohon kina dihaluskan kemudian dijadikan tablet atau kapsul, siap diminum.

Tumbuhan dengan nama ilmiah Cinchona officinalis ini juga dipercaya dapat meredakan masuk angin. Saat dikonsumsi, ekstrak kina meredakan gejala flu biasa, seperti bersin, hidung tersumbat, dan demam.

Produksi Stevia Ditargetkan Meningkat 30%

Banyak orang mengaku sembuh dari kram kaki setelah mengkonsumsi obat herbal yang terbuat dari ekstrak pohon kina. Misalnya, sebuah studi tahun 2002 menemukan bahwa pemberian ekstrak kina efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada orang yang menderita kram kaki. Selain itu, pohon kina dapat mengatasi kejang otot.

Baca Juga  Kebalikan Teorema Pythagoras

Tak hanya baik untuk kesehatan dalam, ternyata ekstrak kina juga bisa digunakan sebagai lotion mata untuk bisul. Selain itu, ekstrak pohon kina juga sering digunakan sebagai bahan sampo karena dapat merangsang pertumbuhan rambut dan juga meredakan kerontokan rambut. Kit kreatif model 5 untuk taman kanak-kanak dengan set lengkap dan dijamin menyenangkan! Dinas Kesehatan Subang mengajak masyarakat untuk meningkatkan pencegahan DBD melalui PSN 3M Plus

Di tengah maraknya isu Covid-19 di Indonesia, masyarakat mencari obat untuk menangkal virus yang berasal dari Wuhan, China tersebut. Salah satunya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) meminta perguruan tinggi mempelajari bukti empiris tanaman chloroquine phosphate dan quinine (hinchona).

Disebutkan juga bahwa tanaman yang sering digunakan dalam pengobatan penyakit malaria ini dapat mencegah pertumbuhan virus corona. Namun sayangnya budidaya pohon kina semakin menurun. Saat ini perkebunan kina yang tersisa hanya ada di Bukit Unggul, Kabupaten Bandung, di bawah pengelolaan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII.

Petunjuk Teknis Beberapa Komoditas Pertanian

Perkebunan seluas 708 hektare sekaligus pabrik pengolahan kulit kina yang beroperasi sejak 1927 itu kini tersisa sekitar 683.000 pohon atau 15 persen dari jumlah ideal 1.000 pohon.

“Jumlah pohon kina di Bukit Unggul semakin berkurang karena hasil kualitas pohon menurun karena hanya diambil kulit pohon kinanya saja,” kata asisten Afdeling Bukit Unggul Tatang Hidayat saat ditemui Selasa (17/3). ).

Seiring meningkatnya manfaat kina untuk pencegahan berbagai penyakit, perusahaan mengambil kebijakan budidaya lebih lanjut. Untuk itu, pihaknya berupaya semaksimal mungkin untuk tetap berproduksi dengan spesies tanaman yang ada.

“Pohon-pohon yang dipanen sekarang merupakan sisa-sisa perkebunan tahun 2011, dan jika pohon yang ada mati maka produksi berhenti,” ujarnya.

Baca Juga  Benda Produksi Merupakan Alat Pemuas Kebutuhan Yang Dikelompokkan Berdasarkan

Makalah Budidaya Tanaman Lada

Manajer Perkebunan Bukit Unggul, Yanyan Kahyana menjelaskan, karena jumlah pohon inai yang terbatas, pihaknya kini hanya bisa mengolah kulit inai sebulan sekali.

“Yang diambil dari pohon hin hanya kulit kayunya saja. Kalau teknik pemangkasannya tidak tepat, pohon itu akan mati,” kata Yanyan.

Pada puncaknya, Bukit Unggul menanam 4.439.500 pohon, 6.500 pohon per hektar, dan dapat menghasilkan 100 ton tepung kina kering. Namun karena PTPN VIII menjadikan kina sebagai komoditas sekunder sebagai salah satu produk utama teh, karet dan sawit, maka produksi perkebunan Bukit Tunggul turun tajam dan hanya mampu mengolah 5 ton bungkil kina.

Dia mengatakan, kurangnya minat terhadap kina sebagai komoditas utama disebabkan beberapa faktor. Salah satunya adalah sisi bisnis perusahaan menghitung keuntungan dari budidaya Chiine yang relatif lambat untuk menghasilkan pendapatan, harus melalui TBM selama 7 tahun.

Tumbuhan Dalam Arsitektur Lansekap (2)

Berbeda dengan teh dan kelapa sawit yang membutuhkan TBM relatif 3 tahun, pohon kina harus melewati TBM selama 7 tahun sebelum perusahaan bisa menghasilkan uang.

Faktor lain yang meredam minat perusahaan adalah hilangnya reputasi kina sebagai bahan obat antimalaria. Bahkan, senyawa kina juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku minuman ringan, kosmetik dan obat-obatan.

“Karena produksinya hanya sebulan sekali, maka berdampak pada stabilitas ekonomi perusahaan. Dibandingkan dengan sebelumnya yang hanya 400 karyawan, kini tinggal 40 orang saja,” ujarnya.

Dengan mengungkapkan kina sebagai obat Covid-19, Yanyan berharap bisa menghidupkan kembali semangat pohon ini. Pengelola perkebunan kina dan penyamakan kulit di Bukit Unggul menyatakan kesediaannya untuk menghidupkan kembali pamor kina yang sempat mengharumkan nama Indonesia pada zaman Hindia Belanda. “Tentu kami sangat siap,” jelasnya. (ramah lingkungan/gratis)

Baca Juga  Mengapa Kita Harus Mengamalkan Pancasila Ke-2 Dan Ke-3 Di Rumah

Cara Menanam Bibit Jati Solomon Dan Perawatannya Agar Tumbuh Subur

Pohon kina, alat untuk mengukur tinggi pohon adalah, manfaat pohon kina, gambar pohon kina, kulit pohon kina, khasiat pohon kina, manfaat kulit pohon kina, alat untuk mengukur ketinggian pohon adalah