Pacitan

Pembobol Website Diskominfo Anak-Anak

PACITAN – Pembobolan situs Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Pacitan langsung ditangani. Gangguan dari Owlsquad yang diduga sebagai peretas dibenahi Senin (18/2). ‘’Sekarang sudah kembali normal,’’ kata Kepala Diskominfo Pacitan Rachmad Dwiyanto.

Rachmad tidak tahu motif pembobolan website dinasnya tersebut. Dia menduga aksi tersebut ulah iseng hacker pemula. Bahkan anak-anak. Dugaan tersebut didasarkan pada dampak kerusakannya. Yakni hanya mengubah halaman muka. Itu pun sekadar menunjukkan eksistensinya. ‘’Tidak sampai mengobrak-abrik bagian dalamnya,’’ ujarnya.

Menurut dia, pembobol mengira stafnya yang mengelola situs sedang libur kerja. Ternyata usai dibobol, stafnya sudah mendeteksi. Sehingga, website bisa segera dibenahi. Rachmad pun masih berbaik hati. Pihaknya tidak sampai melapor ke pihak berwajib. ‘’Tidak meninggalkan jejak. Setelah di-hack, ditinggal begitu saja,’’ ungkapnya.

Atas kejadian tersebut, Rachmad bakal mengambil sejumlah tindakan. Platform website-nya bakal di-update dengan tingkat keamanan yang lebih baik dan di-back up berkala. Pihaknya pun bakal menggelar bimbingan teknis untuk pengelola laman di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) hingga kecamatan. ‘’Pelatihan cara merehabilitasi website yang telah dibobol,’’ jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, website Diskominfo Pacitan sempat dibobol hacker. Laman kominfo.pacitankab.go.id itu diblok hitam. Sedangkan di bagian tengah terdapat dua baris tulisan: hacked by owlsquad dan nothing can stop our march. Aksi tersebut diduga dilakukan Sabtu lalu (16/2). Minggu (17/2), deskripsi halaman di mesin pencarian Google menggunakan huruf kanji. (odi/c1/sat) 

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button