Magetan

Pembatasan Jam Malam Tak Mempan Rem Covid-19

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Kasus penularan Covid-19 di Magetan sulit dikendalikan. Bahkan, penerapan pembatasan jam malam tak berdampak banyak dalam mengerem laju penambahan kasus positif korona. Dalam sepekan terakhir, Satgas Covid-19 Magetan mencatat tambahan 97 pasien baru.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Magetan Saif Muchlissun tidak memungkiri jam malam belum efektif mereduksi peningkatan kasus positif. Tetapi kebijakan itu setidaknya mampu mengurangi kerumunan saat malam. ‘’Sinergi penerapan jam malam membantu meminimalkan angka penularan,’’ katanya, Selasa (5/1).

Peningkatan kasus juga diklaim karena masifnya pelaksanaan 3T, yakni tracing, testing, dan treatment. Pelacakan dan pengetesan yang cepat tentu mengerek angka kasus. Di sisi lain, upaya menemukan warga beriwayat kontak erat dengan pasien korona bukan perkara mudah. Sebab, masih sedikit warga yang punya kesadaran memeriksakan diri secara mandiri. ‘’Tidak ada paksaan dari pemerintah, diwajibkan pun tidak, itu haknya masyarakat,’’ papar Muchlis. (fat/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button