Ngawi

Pembangunan Stadion Baru Paling Cepat 2021

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Pemkab optimistis rencana pembangunan stadion baru bakal direspons baik oleh pemerintah pusat. Namun, pembangunannya paling cepat dimulai 2021 mendatang. ‘’Tahun depan jelas tidak mungkin karena APBN 2020 sudah disusun,’’ kata Bupati Ngawi Budi ’’Kanang’’ Sulistyono Jumat (6/12).

Menurut dia, yang paling memungkinkan usulan itu dimasukkan pada anggaran 2021. Karena itu, pihaknya saat ini berusaha mengejarnya dengan menyiapkan proposal dan kebutuhan lain. ‘’Anggarannya kami tetap menggantungkan pusat. Karena kalau dengan biaya sendiri melalui APBD jelas tidak mungkin,’’ ujarnya.

Kanang menyebut, biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun stadion tipe B cukup tinggi. Berdasarkan hitungan, diperkirakan mencapai lebih dari Rp 100 miliar. Biaya sebesar itu tidak bisa dibebankan kepada APBD. Apalagi, masih ada beberapa prioritas pembangunan lain yang lebih mendesak direalisasikan daripada stadion. ‘’Tidak mungkin kalau APBD harus kami tarik ke sana,’’ tegas Kanang.

Dia menambahkan, pemkab telah menyiapkan lahan sekitar enam hektare di Dusun Mencon, Desa Tawun, Kasreman. Lokasi itu dinilai paling cocok untuk lokasi stadion baru. Selain tidak jauh dari pusat Kota Ngawi, lahan yang tersedia terbilang luas. Pun, DPRD setempat sudah sepakat dengan lokasi tersebut. ‘’Yang kami inginkan sebenarnya tidak hanya stadion, tapi juga ada fasilitas olahraga lain seperti kolam renang, atletik, dan sebagainya,’’ paparnya.

Sekadar diketahui, rencana pembangunan stadion baru mulai muncul lima tahun lalu. Itu setelah Imam Nahrawi -menpora kala itu- menjanjikan bakal membantu pembangunan stadion. Namun, kenyataannya hingga saat ini bantuan itu belum terealisasi. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
               
         
close