Ngawi

Pembangunan Sirkuit Serbaguna Taman Candi Mustahil Digarap Tahun Depan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Kelanjutan pembangunan sirkuit serbaguna di kawasan Taman Candi, Desa Beran, hingga kini masih gelap. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Ngawi memastikan proyek tersebut mustahil digarap tahun depan.

Terkatungnya pembangunan sirkuit tidak terlepas dari keterbatasan anggaran yang dimiliki DPUPR. Itu terjadi setelah bujet yang ada diprioritaskan untuk pembangunan jalan dan jembatan yang sempat tertunda akibat pandemi Covid-19. ‘’Belum bisa masuk usulan (RAPBD 2021) karena anggarannya tidak ada,’’ kata Kabid Pembanguan Jalan dan Jembatan DPUPR Ngawi Sadeli Minggu (1/11).

Sadeli mengatakan, rencana pembangunan sirkuit serbaguna Taman Candi mencuat sejak 2018 lalu. Namun, terpaksa dihentikan lantaran anggarannya dialihkan untuk pembangunan jalan. ‘’Sampai sekarang progresnya baru pematangan lahan,’’ ujarnya.

Dia menjelaskan, pembangunan sirkuit serbaguna tersebut merupakan bagian dari rencana pengembangan kawasan Taman Candi. Karena itu, penanganannya tidak hanya dilakukan DPUPR. Melainkan juga oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Ngawi karena statusnya sebagai ruang terbuka hijau milik pemkab. ‘’Kami dari DPUPR hanya menangani sirkuitnya,’’ imbuh Sadeli.

Sesuai perencanaan, total biaya pembangunan sirkuit dianggarkan Rp 54 miliar. Khusus pembangunan sirkuit sesuai standar event drag race dengan panjang lintasan sekitar 400 meter dan lebar 30-50 meter, menelan dana Rp 20 miliar. ‘’Sekarang baru masterplannya, DED (detail engineering design, Red)-nya belum,’’ ujarnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
               
         
close