Pacitan

Pembangunan Pelabuhan Gelon, Pacitan Bakal Dipercepat

Masuk Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Realisasi pembangunan Pelabuhan Gelon di depan mata. Dana ratusan miliar rupiah bakal dikucurkan untuk mewujudkan pelabuhan pengumpul di Desa Kembang, Pacitan, tersebut. ‘’Sifatnya percepatan. Jadi, pembangunan yang sebelumnya sudah direncanakan, dipercepat,’’ kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pacitan Wasy Prajitno Minggu (8/12).

Berdasar Peraturan Presiden (Perpres) 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi, Pacitan termasuk di dalamnya. Yakni, percepatan pembangunan ekonomi di wilayah lintas selatan Jawa. Salah satu poinnya  pembangunan Pelabuhan Gelon. Duit dari APBN itu Rp 50 miliar untuk pembangunan pelabuhan. Sedangkan Rp 80 miliar untuk akses jalan menuju pelabuhan. ‘’Tentang informasi resminya kami belum dapat. Tapi, perpresnya sudah banyak beredar di internet,’’ ujar Wasy.

Menurut Wasy, keberadaan Pelabuhan Gelon penting untuk mendongkrak kesejahteraan masyarakat Pacitan. Sebab, direncanakan tidak hanya untuk angkutan barang. Melainkan orang juga. Keberadaan transportasi laut dinilai akan jadi solusi ketertinggalan wilayah selatan Jawa. Lantaran salah satu penyebabnya minim akses transportasi. ‘’Saat ini juga sudah banyak kapal perintis yang berlayar. Berdoa saja, supaya pembangunan itu terealisasi,’’ pintanya.

Wasy blak-blakan mengenai Pacitan yang ngidam pelabuhan tersebut. Namun, rencana yang sudah bertahun-tahun itu belum terealisasi hingga kini. Ada sinyal pembangunan lanjutan, tapi belum pasti kapan akan dilaksanakan. ‘’Potensinya besar. Bisa untuk hasil tambang, hasil laut, belum lagi banyaknya pabrik tripleks di Pacitan,’’ jelasnya.

Rencana pembangunan Pelabuhan Gelon muncul sejak 2009. Saat itu Pemkab Pacitan sudah membebaskan lahan. Yakni, seluas 1,6 hektare di Pantai Gelon, Desa Kembang, Pacitan. Sejumlah kegiatan pembangunan sudah berlangsung sejak 2011. Kemudian tersendat dan mandek total mulai 2016 sampai sekarang. ‘’Kami masih menunggu informasi selanjutnya dengan terus berkomunikasi dengan Dirjen Perhubungan Laut Kemenhub dan Pemprov Jatim juga,’’ pungkasnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button