Pacitan

Pembangunan Pelabuhan Gelon Masih Kabur

Pemkab Terus Lobi Pusat

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Rencana pembangunan pelabuhan barang dan niaga di Teluk Magelon, Desa Kembang, Kecamatan Pacitan, masih buram. Hingga kini belum ada kejelasan kapan proyek yang termasuk dalam program percepatan pembangunan ekonomi nasional tersebut dapat terealisasi.

Meski begitu, pemkab terus melakukan lobi-lobi ke pemerintah pusat. Sebab, pembangunan pelabuhan tersebut sudah lama direncanakan, namun tak pernah terealisasi pekerjaannya. ‘’Tahun 2020 mungkin belum (dikerjakan), tapi 2021 kami harap dimulai kembali,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Minggu (20/9).

Sementara ini, tahapan pembangunan pelabuhan baru menyentuh pembukaan akses. Prosesnya sudah berjalan sejak 2016 lalu. Namun, belakangan pelaksanaannya mandek karena Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) tidak lagi mengalokasikan anggaran untuk kegiatan tersebut.

Kendati demikian, Indartato menegaskan proses pembebasan lahan pelabuhan sudah klir. Total luasannya mencapai 20,8 hektare. ‘’Kami juga minta bantuan ke anggota DPR RI dari daerah pemilihan Pacitan. Kalau saya sendiri, tentu tidak mampu,’’ ujar bupati Pacitan dua periode tersebut.

Menurutnya, pembangunan pelabuhan barang dan niaga penting untuk peningkatan ekonomi. Sebab, memudahkan akses pengiriman barang bagi beberapa daerah di Jawa Timur bagian barat serta Jawa Tengah. ‘’Persoalannya terkendala anggaran. Tapi, semoga lekas dimulai (kembali) karena sangat dibutuhkan (masyarakat),’’ tuturnya.

Sementara itu, Kadishub Pacitan Wasi Prayitno menyampaikan pembangunan pelabuhan bernama lain Gelon tersebut dapat mendongkrak perekonomian di sisi selatan Jawa. Terutama pada kegiatan ekspor dan impor dari jalur laut. (gen/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?php /** * The template for displaying the footer * */ defined( 'ABSPATH' ) || exit; // Exit if accessed directly do_action( 'TieLabs/after_main_content' ); TIELABS_HELPER::get_template_part( 'templates/footer' ); ?>
Close