News

Pembagian Wilayah Benua Afrika

×

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Share this article

Pembagian Wilayah Benua Afrika – FLASH – Benua Afrika Luas, Wilayah dan Satuan Negara merupakan salah satu materi yang harus dipelajari oleh siswa mata pelajaran IPS atau IPS kelas IX SMP.

Materi Unit Lingkungan, Regional dan Negara di Benua Afrika dapat dilihat pada Buku Teks IPS SMP Kelas 9 Revisi Tahun 2018 Tahun 2018.

Pembagian Wilayah Benua Afrika

Buku teks IPS kelas IX ini merupakan salah satu bahan ajar bagi guru dan siswa kelas IX SMP untuk mempelajari IPS.

Pembagian Wilayah Benua Afrika Dan Penampakan Alamnya

Salah satu sumber belajar utama yang digunakan di kelas adalah buku IPS kelas 9 SMP karya Ivan Setiawan dkk.

Pada subbab Kawasan, Kawasan, dan Satuan Nasional Benua Afrika yang merupakan subbab dari bab Interaksi Negara Asia dengan Negara Lain, siswa SMP kelas sembilan akan mempelajari tentang kawasan, wilayah, dan satuan kawasan di benua Afrika.

Baca juga: IPS Soal 9 SMP Soal Jawab Halaman 4 Nama Benua, Batas Wilayah, dan Daftar Negara

Buku Pelajaran IPS Unit 9 SMP Daerah, Wilayah dan Wilayah Benua Afrika berikut ini diambil dari Buku Baris Kemendikbud Unit 9 Rangkuman Buku Teks Menengah.

Daftar Negara Negara Di Afrika, Lengkap Dengan Ibukota Dan Luasnya

Afrika terletak pada 170 bujur barat-520 bujur timur dan 350-340 lintang selatan. Artinya, benua Afrika terbentang sepanjang garis khatulistiwa dan beriklim tropis.

Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai bergerak ke daerah tropis. Kondisi iklim ini disebabkan oleh wilayah yang sangat luas yang dikelilingi oleh dataran tinggi.

Benua Afrika berbatasan dengan Laut Mediterania di utara, Samudra Hindia di selatan dan timur, serta Samudra Atlantik di barat.

Secara geografis, benua Afrika terbagi menjadi lima wilayah: Afrika Utara, Afrika Timur, Afrika Barat, Afrika Tengah, dan Afrika Selatan.

Pegunungan Ural, Pegunungan Yang Menyatukan Benua Eropa Dan Benua Asia

Afrika Barat: Benin, Burkina Faso, Tanjung Verde, Pantai Gading, Gambia, Ghana, Guinea, Guinea-Bissau, Liberia, Mali, Mauritania, Niger, Nigeria, Senegal, Sierra Leone, dan Togo.

Afrika Timur: Burundi, Komoro, Djibouti, Eritrea, Ethiopia, Kenya, Madagaskar, Malawi, Mauritius, Rwanda, Seychelles, Somalia, Sudan Selatan, Tanzania, dan Uganda.

Afrika Tengah: Angola, Kamerun, Republik Afrika Tengah, Chad, Republik Demokratik Kongo (Kongo-Kinshasa), Guinea Khatulistiwa, Gabon, Republik Kongo (Kongo-Brazzaville), dan negara pulau Sao Tome dan Principe.

Baca juga: IPS Bab 9 Poin Tanya Jawab SMP Halaman 18 Benua Afrika, Ibukota, dan Wilayah Divisi Regional

Baca Juga  Sebuah Berita Dinarasikan Sedemikian Rupa Dan Kemudian Dimunculkan Disebut

Masyarakat Di Indonesia Dan Separuh Dunia, Terbiasa Lepas Sepatu Di Dalam Rumah

Ini adalah rangkuman bahan ajar ilmu sosial kelas sembilan untuk lingkungan, lingkungan, dan unit nasional benua Afrika, untuk siswa kelas sembilan sekolah menengah pertama untuk mempelajari mata pelajaran ilmu sosial.

Informasi Samsat Mobile selama Ramadan Sabtu 8 April 2023, cek lokasi dan ketentuannya di sini

Kapan waktu buka puasa di Karanganya? Hari ini, Sabtu, 8 April 2023, jadwal buka puasa di daerah Karang adalah sebagai berikut.

Kelas 6 Indonesia 2023 50 Soal dan Jawaban Contoh Referensi Latihan PDF

Negara Negara Di Benua Afrika Dan Ibukotanya

Menu Sahur Hari Ini: Resep Daging Sapi Jip Manis Gurih, Makin Nikmat Ditemani Nasi Panas!

Jadwal Trans TV hari ini Senin 10 April 2023 : Blockbuster Sahoor, Dream Box dan Film Bioskop Trans TV. Lokasi geografis benua Afrika – Afrika adalah benua terbesar kedua di dunia. Benua Afrika meliputi area seluas 30,365 juta kilometer persegi, dengan panjang 8.000 kilometer dari utara ke selatan dan 7.400 kilometer dari timur ke barat.

Benua Afrika terletak pada 37°LU – 34°LS dan 17°BT – 51°BT. Secara geografis, Benua Afrika terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia. Benua Afrika terletak di sebelah selatan benua Eropa.

Ujung utara benua Afrika adalah Gilan, Tunisia, dan ujung selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Titik timur berada di titik Xaafuun (Hafen) dekat Guardafui Point, Somalia. Di ujung barat adalah Tanjung Almadi di Tanjung Verde, Senegal.

Afrika Barat Terbagi Menjadi 14 Negara

Dengan luas 30,365 juta kilometer persegi, benua Afrika merupakan benua terbesar kedua di dunia setelah Asia. Benua Afrika memiliki panjang 8.000 kilometer dari utara ke selatan dan 7.400 kilometer dari timur ke barat.

Ujung utara benua Afrika adalah Gilan, Tunisia, dan ujung selatan adalah Tanjung Agulhas, Afrika Selatan. Selain itu, titik timur berada di Tanjung Hafuun, dekat Tanjung Dafoui, Somalia. Sedangkan di ujung barat adalah Almady Point di Cape Verde, Senegal.

Dulu, imperialisme negara-negara Eropa menyebut benua Afrika sebagai Benua Hitam. Alasan mengambil julukan ini bukan hanya karena warna kulit penduduknya, tapi juga karena benua Afrika dianggap sangat misterius dan menyimpan banyak rahasia. Pada saat itu, sebagian besar benua Afrika masih belum dijelajahi dan belum dipetakan.

Selain itu, benua Afrika juga pernah meraih predikat “Mother of the Continent”. Menurut National Geographic, Afrika adalah benua tertua yang dihuni di Bumi. Lima juta tahun yang lalu, manusia dan leluhurnya hidup di Afrika.

Baca Juga  Fungsi Kain Flanel Dalam Pembuatan Kincir Angin Dari Kertas Adalah

Ips Pdf 30

Menurut Encyclopedia Britannica, orang Yunani kuno menyebut benua ini Libya, dan orang Romawi menyebutnya Afrika. Nama-nama ini dianggap berasal dari bahasa Latin, yaitu

Karena letak astronomis benua Afrika, benua tersebut dapat dibagi menjadi 4 zona iklim berikut.

Afrika Tropis adalah wilayah di dekat garis khatulistiwa yang membelah benua menjadi dua. Jangkauannya meliputi Guinea-Kongo dan Madagaskar. Menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa, daerah tropis menerima sekitar 1.000 hingga 2.000 mililiter hujan per tahun. Daerah ini kaya akan vegetasi, membentuk hutan hujan tropis dan hutan tropis yang lembab.

Afrika merupakan wilayah yang jauh dari garis khatulistiwa dan beriklim tropis. Wilayah ini penuh dengan sabana, salah satu yang paling terkenal adalah wilayah Serengeti.

Benua Semuanya Master

Benua Afrika yang sangat luas membuat benua ini memiliki iklim yang beragam. Bagian utara, selatan dan barat daya memiliki iklim gurun. Menurut Safaris Afrika, gurun itu kering dan menerima curah hujan kurang dari 12 inci per tahun. Afrika memiliki gurun terpanas di dunia, Gurun Sahara, yang luasnya 9,4 juta kilometer persegi, hampir sama dengan Amerika Serikat.

Wilayah Afrika Utara beriklim Mediterania dan dikelilingi oleh Pegunungan Atlas, Laut Mediterania, dan sebagian kecil Afrika Barat Daya. Tempat ini kering di musim panas, sejuk dan sejuk di musim dingin, dan suhunya rendah.

Benua Afrika memiliki iklim pegunungan, yang kebetulan berada di dataran tinggi Ethiopia. Daerah ini terletak di dekat timur laut Afrika. Menurut National Geographic, dataran tinggi Ethiopia adalah rumah bagi 80 persen gunung tertinggi di Afrika. Dataran tinggi ini adalah rumah bagi berbagai hewan, termasuk ibex Walia dan serigala Ethiopia yang kini terancam punah.

Benua Afrika dan Eropa dipisahkan oleh Laut Gibraltar, Laut Mediterania, dan Laut Merah. Benua Afrika terhubung dengan benua Asia di timur laut melalui Terusan Suez selebar 130 kilometer.

Pembagian Logistik Kepada Para Pelaut Indonesia Di Penghujung Musim Gugur

Benua Afrika dilintasi oleh banyak sungai besar. Salah satu sungai di Afrika, termasuk Sungai Nil, panjangnya 6.400 kilometer. Sungai Nil adalah sungai terpanjang di dunia, mengalir melalui Sudan dan Mesir. Selain itu, Afrika juga mengalir melalui sungai Zambezi, Kongo, Niger, dan Orange. Danau-danau di benua Afrika antara lain Danau Victoria, Danau Tanganyika, Danau Chad, dan Danau Nasser.

Baca Juga  Redo Adalah

Benua Afrika sangat luas, terhitung seperlima dari luas daratan Bumi. Wilayah benua meliputi pegunungan dan pegunungan. Pegunungan Lipat terletak di ujung utara benua Afrika, yang dikenal sebagai Pegunungan Atlas.

Di antara gunung-gunung di benua Afrika adalah Gunung Kilimanjaro (5.890 meter) di Tanzania, Gunung Margarita (5.109 meter) di Kongo, Gunung Rasdashen (4.629 meter) di Ethiopia, Gunung Kamerun (4.070 meter) di Kamerun, Gunung Mikus (3415 m) . ) di Chad dan Pegunungan Kinyeti (3.187 m) di Sudan.

Letak geografis benua Afrika sangat mempengaruhi kondisi iklim dan alam persebaran hewan dan tumbuhan di benua Afrika. Dengan demikian, vegetasi di benua Afrika merupakan perpaduan antara tumbuhan hutan tropis Afrika Tengah dan Barat seperti aneka pisang, paku-pakuan, perdu dan herba. Tumbuhan yang hidup di utara umumnya berupa herba, perdu, dan tumbuhan bertangkai lunak. Demikian juga tumbuhan yang terdapat di Selatan umumnya jenis herba, semak, dan herba lunak.

Asa Generasiku: Pembagian Wilayah Negara

Spesies hewan di Afrika Utara merupakan gabungan dari spesies yang umum di Eurasia, sedangkan wilayah tengah dan selatan umumnya lebih besar dan lebih kuat spesies hewannya, seperti singa, gajah, zebra, gorila, hyena, burung unta, dll. Antara lain.

Benua Afrika dibagi menjadi lima wilayah: Afrika Utara, Afrika Barat, Afrika Tengah, Afrika Timur, dan Afrika Selatan. Pada tahun ini, menurut data PBB tahun 2018, benua Afrika berpenduduk 1,3 miliar jiwa, dengan kepadatan penduduk 36 jiwa per kilometer persegi.

Selain itu, Kepulauan Canary di Afrika Utara adalah wilayah Spanyol. Spanyol memiliki dua kotamadya, Melilla dan Ceuta. Sedangkan Portugal memiliki pulau Madeira di wilayah tersebut.

Republik Arab Sahrawi juga memiliki kedaulatan atas seluruh wilayah bekas jajahan Spanyol di Sahara Barat. Negara ini diproklamirkan oleh Frente Popular de Liberacion de Saguia el Hamra y Rio de Oro atau Front Polisario di Bir Lehlu pada 22 Februari 1976.

Daftar Negara Negara Di Afrika Tengah, Lengkap Dengan Ibukota

Selain itu, Somaliland juga merupakan ibu kota Hargeisa. Entitas tidak dikenali.

Gambar peta benua afrika, pembagian wilayah benua asia, luas wilayah benua afrika, batas wilayah benua afrika, peta benua afrika, negara negara benua afrika, pembagian wilayah benua eropa, peta benua afrika selatan, karakteristik benua afrika, bendera negara benua afrika, peta buta benua afrika, pembagian benua afrika