News

Pemanfaatan Lahan Untuk Industri Peternakan

×

Pemanfaatan Lahan Untuk Industri Peternakan

Share this article

Pemanfaatan Lahan Untuk Industri Peternakan – Menambahkan kalsium sianamida ke kotoran sapi hampir sepenuhnya menghentikan produksi gas metana. Emisi keseluruhan berkurang sebesar 99 persen.

Senin (26/12/2022), ia menyiapkan sisa kapas hasil pengolahan kelapa sawit untuk pakan di usaha peternakan dan peternakan sapi miliknya di Selagai Linga, Kabupaten Lampung Tengah.

Pemanfaatan Lahan Untuk Industri Peternakan

Kontribusi sektor peternakan terhadap mitigasi perubahan iklim relatif belum pernah terdengar di Indonesia. Meskipun angka tersebut kecil dibandingkan sektor lahan dan kehutanan serta sektor energi, namun penurunan emisi gas rumah kaca dari peternakan dapat membantu upaya perlindungan bumi.

Potensi Sumber Daya Alam Dataran Rendah, Dari Pertanian Hingga Perikanan

Kegiatan peternakan khususnya hewan ruminansia seperti sapi potong atau sapi perah dapat menghasilkan emisi gas rumah kaca (GRK) berupa gas metana (CH4). Faktor emisi gas ini 20-30 kali lipat dari karbon dioksida (CO2). Oleh karena itu, jika emisi gas metana dapat dikurangi, maka hasil besar akan dicapai dalam upaya pengendalian iklim.

Menurut buku Emisi Gas Rumah Kaca dari Peternakan di Indonesia dengan Tier 2 IPCC (2021) karya Edwin Aldrian dan Kawan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), sapi potong menyumbang 56,25 persen atau setara 19.729 gigagram CO2 (Gg CO2). ) dari total gas rumah kaca dari peternakan Laju emisinya adalah 35.076 Gg CO2e. Disusul unggas, terdiri dari ayam dan bebek, sebesar 14,48 persen.

Sebagai informasi, kontribusi besar dari peternakan unggas disebabkan oleh emisi gas N2O yang berasal dari kotoran/fesesnya. Emisi terbesar dari daging sapi berasal dari gas metana yang dikeluarkan dari sistem pencernaan/usus.

Selain dari sistem pencernaan, emisi CH4 juga dihasilkan dari lumpur kotoran hewan (slurry). Penguraian kotoran ini melepaskan gas metana, yang digunakan sebagai bahan bakar terbarukan di beberapa peternakan di Indonesia.

Pemprov Jabar Dorong Peternak Olah Kotoron Hewan Jadi Pupuk Organik

Cara lain untuk mengolah CH4 telah diusulkan oleh para peneliti di Universitas Bonn di Jerman, yang mereka klaim lebih sederhana dan murah. Hasil dari proses ini cukup penting; Ini mengurangi emisi metana hingga 99 persen. Penelitian tersebut dipublikasikan di Jurnal Pengelolaan Sampah. Mereka percaya bahwa metode ini dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam memerangi perubahan iklim.

Peneliti studi tersebut, Felix Holtkamp, ​​​​yang menyelesaikan gelar doktornya di INRES Institute of Plant Science and Resource Conservation di Universitas Bonn, mengatakan dalam situs kampus yang dipublikasikan pada Jumat (3/3/2023) bahwa sepertiga dari populasi manusia di dunia mengatakan: Gas metana berasal dari peternakan . “Diperkirakan hingga 50 persen bubur kotoran sapi cair berasal dari fermentasi,” ujarnya.

Hal ini mengarahkan dia dan tim penelitinya untuk mencari solusi terhadap dampak emisi dari peternakan. Holtkamp, ​​​​penasihat ilmiah Manfred Trimborn dari Institut Teknik Pertanian di Universitas Bonn, dan Joachim Clemens dari produsen pupuk SF-Söppenberg GmbH mencoba menemukan solusi yang lebih baik untuk masalah tersebut.

Baca Juga  Jarak Interval Nada G Ke Nada F Adalah

“Di laboratorium, kami mencampurkan limbah cair limbah dengan kalsium sianamida. “Kalsium sianamida adalah bahan kimia yang telah digunakan sebagai pupuk di bidang pertanian selama lebih dari 100 tahun,” kata Holtkamp.

Wabup Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan Lumbung Pangan

Menambahkan kalsium sianamida ke kotoran sapi hampir sepenuhnya menghentikan produksi gas metana. Secara keseluruhan, emisi gas metana dapat dikurangi hingga 99 persen.

Pengurangan emisi ini dimulai sekitar satu jam setelah bahan tambahan ditambahkan dan berlanjut hingga akhir percobaan, setengah tahun kemudian. Dampak jangka panjangnya penting karena “benjolan” tersebut tidak dibuang begitu saja. Dalam prakteknya, slurry disimpan hingga awal musim tanam berikutnya dan disebarkan ke lahan sebagai pupuk pertanian. Oleh karena itu, penyimpanan selama berbulan-bulan merupakan praktik yang sangat umum di kalangan petani.

Selama penyimpanan konvensional, bubur diproses oleh bakteri dan jamur yang memecah bahan organik yang tidak tercerna menjadi molekul yang lebih kecil. Pada akhir proses ini, metana dihasilkan.

“Kalsium sianamida memutus rantai transformasi kimia ini dan melakukannya secara bersamaan di berbagai titik, seperti yang bisa kita lihat dalam analisis kimia bubur,” kata Holtkamp.

Opal Sebagai Sarana Pemanfaatan Pekarangan Kantor Dan Rumah

Aditif ini menekan degradasi mikroba asam lemak dan konversinya menjadi metana. Namun proses pastinya belum diketahui.

Di sisi lain, proses ini juga memiliki keunggulan yaitu meningkatkan manfaat pupuk yang dihasilkan dengan memperkaya “bubur pupuk” dengan unsur nitrogen. Pihak kampus menyatakan biayanya sangat terjangkau, 0,3-0,5 sen per liter susu di peternakan sapi.

Ndc Indonesia Berita Penurunan Emisi Gas Rumah Kaca Hasil Penelitian Pengecekan Perubahan Iklim Emisi Gas Metana Berita Nyata Simulasi KPR Hitung angsuran dengan mudah menggunakan Kalkulator KPR Simulasi KPR Syariah Cek jumlah angsuran KPR Syariah dengan margin, jatuh tempo dan DP sesuai pilihan Anda

KPR Mandiri KPR BNI KPR BRI KPR OCBC NISP Dana Syariah KPR KPR Permanen CIMB Nayaga KPR BTN KPR Danamon KPR Maybank KPR Bank BCA Syariah Indonesia CIMB Nayaga Syariah Bank Danamon Syariah Bank Syariah Bank Syariah Bank Syariah Bank Syariah

Menilik Tekad Pemerintah Jadikan Buol Penyuplai Sapi Pedaging

Mortgage carry Apakah cicilan KPR bertambah? Saatnya beralih ke kredit perumahan berbunga tetap dan cicilan perumahan Kredit multiguna Kini dapatkan pembiayaan berbagai kebutuhan dengan agunan real estate.

Simulasi Keterampilan KPR Menghitung angsuran KPR berdasarkan pendapatan dan memilih properti dengan harga terjangkau Cek kelayakan KPR Apakah Anda memenuhi persyaratan pengajuan KPR? Periksa kelayakan Anda di sini! KPR Learning Center Pelajari semua yang perlu Anda ketahui tentang membeli rumah dengan KPR

Baca Juga  Sing Mengkurep Naliko Dolanan Cublak-cublak Suweng Diarani

Ingat, capital gain pada lahan kosong juga sangat tinggi karena harga jual yang terus meningkat setiap tahunnya.

Selain itu, jika Anda bisa memanfaatkan lahan kosong dengan sebaik-baiknya, Anda juga bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk menghasilkan passive income.

Dprd Kota Samarinda Dorong Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Industri Pertanian Dan Peternakan

Usaha jual beli tanah mungkin merupakan salah satu jenis usaha yang banyak masyarakatnya yang lebih memilih memanfaatkan lahan kosong yang dimilikinya.

Dengan harga tanah yang semakin meningkat setiap tahunnya, tidak dapat dipungkiri bahwa jual beli tanah telah menjadi ide bisnis properti yang sangat menjanjikan.

Bagi yang berminat, kunjungi halaman di bawah ini dan segera pasarkan rumah atau tanah Anda melalui portal real estate.

Jika lahan kosong yang Anda miliki dekat dengan kawasan pendidikan atau perkantoran, tidak ada salahnya membangun rumah kos di atas lahan tersebut.

Potensi Bahan Pakan By Product Perkebunan Sawit

Anda memang harus mengeluarkan sejumlah modal, namun perlu Anda ketahui bahwa bisnis hostel bisa menghasilkan passive income yang menguntungkan.

Selain hostel, ide bisnis real estate lain yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan lahan kosong adalah dengan membangun rumah sewa.

Tak hanya passive income, uang yang diperoleh dari bisnis tersebut juga bisa dijadikan penghasilan utama.

Menjelang Idul Adha, lahan bisa disewakan untuk kurban pedagang selain lahan parkir.

Pemanfaatan Lahan Pekarangan Sebagai Penunjang Gizi Keluarga

Jika Anda memiliki lahan di pinggiran kota atau pedesaan, Anda bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk pertanian.

Misalnya Anda mempunyai lahan kosong dan modal sedikit untuk membeli beberapa hewan seperti kambing, domba, atau sapi.

Anda bisa membuat kafe outdoor yang estetis dengan ruang kosong dan menu sederhana, namun banyak orang akan menyukainya.

Meski membutuhkan biaya yang tidak sedikit, namun modal tersebut meliputi biaya pembuatan stand, spanduk, peralatan dapur, seragam karyawan, dan materi pelatihan.

Pemdakab Bogor Antisipasi Dampak Kekeringan

Ruang juga dapat disewakan kepada perusahaan penyedia telekomunikasi yang membutuhkan lahan untuk membangun Base Transceiver Station (BTS).

Luas sewa umumnya 15 x 15 meter dan nilai sewa selama 12 tahun adalah Rp 120.000.000.

Jika Anda tertarik menggunakan lahan kosong untuk kegiatan komersial, ada berbagai pilihan penjualan tanah yang bisa dibeli.

Sebelumnya Cara Membuat Sertifikat Harga Tanah dari Desa Berikutnya 5 Cara Rumah Minimalis Type 30/60 dan Saran Penataannya

Adopsi Teknologi Perunggasan Pada Peternakan Ayam Broiler

Septian Nugraha adalah seorang jurnalis dan penulis konten berpengalaman. Ia memiliki karir yang panjang sebagai jurnalis olahraga, khususnya sepak bola, untuk banyak media besar di Indonesia. Di antaranya TopSkor Sports Daily (skor.id), panditfootball.com, CNN Indonesia, dan kompas.com. Pada Februari 2022, Septian memutuskan bergabung dengan 99 Group Indonesia untuk melanjutkan karirnya sebagai penulis konten real estate.

Baca Juga  Suatu Pembatasan Yang Timbul Dalam Hubungan Manusia Dengan Sesamanya Adalah Pengertian Dari ?.

Semua Panduan Konsultan Real Estat Informasi Hipotek Properti Sewa Menjual Real Estat Membeli Real Estat Tips Real Estat Desain Hukum Real Estat Artikel Rekomendasi Minggu Ini

01 Feb 2024 7 Alasan dan Solusi Sulitnya Jual Rumah Mengapa rumah sulit dijual? Pertanyaan yang pernah atau sedang terlintas di benak Anda. Faktanya, menjual properti seperti rumah, tanah, dan apartemen tidak semudah membalikkan telapak tangan, prosesnya membutuhkan waktu. Tidak ada asap tanpa api, dan ada alasan mengapa rumah sulit dijual. Nah, pada artikel kali ini… Septian Nugraha Bacaan 5 Menit 01 Februari 2024 10 Biaya Jual Beli Rumah Susun Bekas dan Pajak Jenis Pajak Jual Beli Rumah Susun Bekas Bagi Pembeli dan Penjual Yang Perlu Diketahui. Anda berencana menjual atau membeli hunian vertikal di pasar sekunder. Properti seperti rumah, tanah, dan apartemen merupakan Barang Kena Pajak yang disebut juga dengan BKP, sehingga transaksi jual beli sudah pasti kena pajak baik bagi penjual maupun pembelinya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis pajak penjualan dan pembelian… Septian Nugraha 6 min baca 01 Februari 2024 5 Jenis Investasi Aman dan Menguntungkan untuk Pemula, Wajib Dicoba! Ada banyak jenis investasi yang aman dan menguntungkan yang bisa dicoba oleh mereka yang ingin belajar atau mulai berinvestasi. Tidak dapat dipungkiri bahwa berinvestasi saat ini merupakan hal penting untuk meraup keuntungan finansial di masa depan. Banyak orang berinvestasi dengan tujuan mencapai kebebasan finansial agar penghasilannya dapat memenuhi kebutuhannya tanpa harus bekerja. Namun, tidak… Baca Septian Nugraha 4 min 31 Jan 2024 Syarat dan Cara Benar Menjadi Developer Perumahan Jika Anda ingin memulai bisnis perumahan, cara menjadi pengembang adalah hal yang perlu Anda ketahui. Cara menjadi seorang developer bisa dibilang susah-susah gampang karena bisnis jenis ini memerlukan perencanaan yang matang dan modal yang besar. Selain itu, ada banyak persyaratan dan izin untuk mengembangkan proyek real estate. Jadi, tahu cara jadi developer… Septian Nugraha 7 min baca 30 Januari 2024 Bagaimana cara cek PBB rumah gadai dan berapa yang harus dibayarkan ke PBB rumah gadai? Pertanyaan ini sering ditanyakan oleh mereka yang ingin membeli rumah dengan Kredit Pemilikan Rumah.

Pemanfaatan lahan kosong, pemanfaatan lahan kosong untuk tanaman, lahan peternakan, lahan industri, pemanfaatan lahan pertanian, pemanfaatan lahan pekarangan, pemanfaatan lahan kosong untuk pertanian, pemanfaatan lahan pekarangan rumah, pemanfaatan lahan kosong untuk usaha, pemanfaatan lahan tidur, optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan, pemanfaatan lahan