Magetan

Pelajar Tampil ala Raja Nusantara di Pawai Budaya Magetan 2019

MAGETAN, Jawa Pos Radar Magetan – Pawai budaya benar-benar berlangsung meriah Rabu (28/8). Puluhan peserta dengan beragam penampilan turut menyemarakkan acara yang merupakan rangkaian perayaan HUT ke-74 Kemerdekaan RI itu. Ribuan warga pun tumpah. Jalanan macet beberapa jam.

Keriuhan terasa sejak siang. Pukul 12.00 warga mulai berbondong-bondong memadati jalan-jalan yang menjadi rute pawai. Mulai dari GOR Ki Mageti, Jalan Pahlawan, alun-alun Magetan, Jalan Jaksa Agung, dan berakhir di Jalan Wilis. Mereka rela berangkat lebih awal agar mendapatkan tempat yang nyaman untuk melihat karnaval tahunan itu sambil memotret-motret.

Sekdakab Magetan Bambang Trianto mengatakan, rute pawai budaya kemerdekaan RI tahun ini memang diperpanjang. Tahun lalu start dari GOR Ki Mageti hingga finis di Pendapa Surya Graha. ‘’Dengan begitu, masyarakat bisa menikmati pawai budaya itu lebih lama,’’ katanya.

Pawai budaya diikuti oleh 48 lembaga SMP, SMK, dan SMA. Masing-masing kontingen sekolah membawakan tema budaya keraton. Tema kerajaan itu sengaja dipilih untuk memberikan pembelajaran kepada siswa tentang sejarah. Sebelum merdeka menjadi negara, Indonesia dulunya terdiri dari berbagai kerajaan. ‘’Supaya anak-anak mengenal sejarah, makanya diaktualisasikan dalam pawai budaya,’’ terang Bambang.

Kehidupan zaman dahulu dan sekarang, dikatakan Bambang, juga berbeda. Pemilihan tema kerajaan mulai Kahuripan hingga Kanjuruan juga untuk menstimulasi kreativitas masing-masing sekolah. Mereka harus memadukan kehidupan pada zaman kerajaan itu dengan era sekarang. Seperti berdandan ala aja-raja yang dulu pernah berkuasa di nusantara. ‘’Jadi, anak-anak ini benar-benar tahu. Oh, ini lho kerajaan zaman dahulu,’’ tutur mantan kadisdikpora tersebut.

Pawai budaya sengaja tidak melibatkan OPD sebagai peserta. Pawai budaya yang melibatkan OPD bakal diadakan event tersendiri. Dia tidak ingin mencampurkan pawai budaya antara pelajar dan OPD-OPD. ‘’Ada waktunya sendiri, ada event yang berbeda lagi,’’ katanya. (bel/c1/her)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close