Pacitan

Pelabuhan Gelon, Pacitan Segera Terwujud

Masuk Percepatan Pembangunan Ekonomi Skala Nasional 2020

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Ibarat ibu yang sedang mengidam, Pacitan tak lagi khawatir anaknya ngiler. Sebab, keinginannya bakal terwujud. Pelabuhan Gelon tercatat dalam salah satu poin percepatan pembangunan ekonomi skala nasional. Pemerintah pusat telah menyiapkan dana ratusan miliar rupiah. ‘’Pembangunannya dilaksanakan tahun depan, 2020,’’ kata Bupati Pacitan Indartato Jumat (13/12).

Selangkah lagi, ngidam pelabuhan itu akan terpenuhi. Pak In, sapaan Indartato, mengatakan bahwa keberadaan pelabuhan merupakan harapan sejak dulu. Kendati demikian, upaya yang dilakukan baru tercapai sekarang. ‘’Sebenarnya, sejak dulu sudah dilakukan komunikasi dengan pusat. Baik pemerintah maupun DPR yang membidangi,’’ ujarnya.

Pacitan patut bersyukur lantaran Pelabuhan Gelon berstatus proyek nasional. Meski sejatinya sudah mulai dikerjakan sejak beberapa tahun silam. Pemerintah pusat sudah mengawalinya sejak 2011. Kemudian tersendat hingga mandek total pada 2016 sampai 2019. ‘’Bersyukur masih diperhatikan,’’ ucap Pak In.

Pak In pun menyatakan kesiapannya terkait realisasi pembangunan Pelabuhan Gelon tahun depan. Baik pemerintah maupun masyarakat Pacitan. ‘’Kami siap. Kewajiban daerah untuk mendukung sudah dilaksanakan. Administrasi tukar guling tanah sudah dilakukan dua tahun lalu,’’ ungkapnya.

Pembangunan dermaga dan fasilitas Pelabuhan Gelon yang dibiayai APBN Rp 50 miliar tertuang dalam Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan Ekonomi. Sementara pembangunan jalan dari Jalur Lintas Selatan (JLS) menuju pelabuhan juga disiapkan Rp 80 miliar dari APBN. ‘’Daerah membantu dan mendukung sepenuhnya. Tinggal menunggu dana turun untuk segera dikerjakan,’’ tuturnya. (den/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close