Pacitan

Pelabuhan Gelon Jalan di Tempat

Pemkab Tunggu Juklak-Juknis Perpres 80/2019

PACITAN, Jawa Pos Radar Pacitan – Megaproyek pembangunan Pelabuhan Gelon jalan di tempat. Beberapa kali ditinjau pejabat sekelas menteri dan DPR RI, namun tak kunjung terealisasi. ‘’Kami terus koordinasi, terutama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Perhubungan, dan Maritim. Karena melibatkan lintas sektor,’’ kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho Minggu (23/2).

Menurut Heruwi, sapaan Heru Wiwoho, saat ini pihaknya tengah mengoordinasikan luas lahan yang dibutuhkan untuk pelabuhan perintis tersebut. Pun menunggu petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak-juknis) Perpres 80/2019 tentang Percepatan Pembangunan. Termasuk pelabuhan di Teluk Pacitan tersebut. Namun, masih sebatas sosialisasi. ‘’Kami belum lihat daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA)-nya PU dan perhubungan,’’ ujarnya.

Heruwi berharap dalam waktu dekat pihaknya bisa duduk satu meja dengan kementerian dan pihak terkait membahas kelanjutan pelabuhan tersebut. Pun, proses penyerahan lahan dan mekanismenya. Pasalnya, jika sembarangan, dikhawatirkan alih kelola lahan ke pemerintah pusat tersebut bakal bermasalah kelak. ‘’Harus pasti, khawatirnya kalau sudah diserahkan, nanti pembangunan terkendala lagi. Tapi, pasti kami serahkan. Tinggal tunggu mekanismenya,’’ jelas Heruwi.

Dia mengutarakan bahwa pembangunan pelabuhan tersebut mendesak. Terlebih untuk membuka jalur ekonomi Pacitan. Jika pelabuhan terealisasi, Heruwi optimistis ekonomi Kota 1.001 Gua bakal meningkat pesat. Termasuk jadi jujukan daerah lain dalam perdagangan hasil buminya. ‘’Tentu akan berdampak signifikan, khususnya ekonomi Pacitan dan seputar pelabuhan,’’ paparnya.

Bupati Pacitan Indartato pun menyatakan getol berkoordinasi dengan berbagai pihak. Dia berharap keberadaan pelabuhan niaga tersebut bakal meringankan moda transportasi di Pacitan. Tidak hanya darat, namun ada opsi jalur laut. Sehingga, mampu mendongkrak investasi dan ekonomi masyarakat. ‘’Lapangan pekerjaan juga meningkat. Jadi, kehidupan masyarakat bagus, angka pengangguran dan kemiskinan akan berkurang,’’ ujarnya. (gen/c1/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button