Madiun

Pekerja Informal Dijamin Asuransi, Pemkot Luncurkan Program Siaga Kita

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Jaminan keselamatan kerja bagi tenaga kerja sektor informal di Kota Madiun masih lemah. Sebagai gantinya, pemkot memberikan jaminan asuransi kepada mereka melalui program Siaga Kita. Rencananya, program itu direalisasikan tahun depan.

Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Madiun Suyoto mengatakan implementasi program Siaga Kita itu sudah diperdakan. Sedangkan draf teknis pelaksanaan yang diatur dalam peraturan wali kota (perwal) masih dalam proses. ‘’Program Siaga Kita akan kami launching sebelum akhir 2019 dan berlaku efektif mulai 1 Januari 2020,’’ katanya Jumat (1/11).

Sedangkan premi yang dibayarkan pemkot ke Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan sebesar Rp 16.800 per orang per bulan. Rinciannya, Jaminan Kematian (JKM) Rp 10.000 dan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) Rp 6.800.

Dia menjelaskan asuransi untuk pekerja sektor informal tersebut bertujuan memberikan kesejahteraan. Ketika terjadi kecelakaan kerja, biaya perawatan di rumah sakit akan ditanggung BPJS Ketenagakerjaan. Termasuk jika sampai cacat fisik.

Misalnya, apabila meninggal dunia karena kecelakaan kerja, ahli waris yang berangkutan mendapat santunan Rp 48 juta dari BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan jika meninggal bukan karena kecelakaan kerja ahli warisnya memperoleh JKM Rp 24 juta. ‘’Jadi, kesejahteraan ahli warisnya tetap terjamin,’’ jelasnya.

Disnaker akan melibatkan ketua RT untuk mendata serta sosialisasi kepada pekerja sektor informal. Tercatat data awal sebanyak 16.298 orang pekerja informal. Namun, setelah diverifikasi dan validasi tinggal 10.476 orang.

Lalu, pada akhir Oktober lalu kembali dilakukan verifikasi dan didapati ada 5.764 orang. Kendati begitu, lanjut Suyoto, jumlah penerima asuransi Siaga Kita itu masih bisa bertambah. ‘’Karena saat ini masih ada tujuh kelurahan yang sedang proses verifikasi oleh petugas. Kami perkirakan jumlah penerimanya sekitar 7.500-an orang,’’ jelasnya. (her/sat)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button