Advertorial

Pekerja Bayar Iuran Satu Persen, Manfaatnya Seratus Persen

MADIUN, Jawa Pos Radar Madiun – Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan fasilitas lengkap. Seperti dirasakan peserta JKN-KIS asal Kabupaten Ponorogo, Fradilla Septia Nalendra (27). Dia mengaku memperoleh banyak manfaat setelah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Tepatnya saat menjalani proses persalinan sang buah hati, Adara Abidah Yasmin Hakim. “Oktober tahun lalu saya melahirkan putri saya secara normal. Alhamdulillah semua prosesnya berjalan dengan lancar, bahkan di fasilitas kesehatan juga pelayanannya sangat baik,” ungkap Dilla.

Dilla merupakan peserta JKN-KIS yang berasal dari segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU). Artinya iuran yang setiap bulan dibayarkan berasal dari gaji yang dipotong setiap bulannya. Sesuai dengan ketentuan, total iuran terdiri dari empat persen dibayarkan pemberi kerja dan satu persen dibayar peserta. Pembayaran sebesar satu persen yang dibebankan kepada pekerja sangat efisien karena sudah mencakup satu keluarga. Artinya suami atau istri pekerja beserta maksimal tiga orang anaknya telah mendapatkan jaminan kesehatan tersebut. ‘’Setelah saya sekeluarga menjadi peserta JKN-KIS, kami merasa aman dan tenang karena telah memiliki perindungan kesehatan. Terutama pada saat kami membutuhkan biaya pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Dilla pun berpesan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta JKN-KIS untuk segera bergabung. Dia juga mengingatkan agar komitmen untuk membayar iuran setiap bulannya selalu dijalankan, karena dari iuran tersebut peserta bisa saling bergotong royong untuk membantu peserta lain yang membutuhkan. ‘’Memiliki jaminan kesehatan memang sangat perlu, tapi tetap yang paling utama adalah menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat sebagai bentuk upaya preventif mencegah penyakit. Dan semoga program JKN-KIS akan terus berlangsung demi mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat,” tutup Dilla. Berita ini juga tayang di www.jamkesnews.com (afi/aan/adv)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button