Ngawi

Pejabat PMI Ngawi Terpapar Covid-19

Petugas Nonreaktif, Pelayanan Donor Darah Tetap Jalan

NGAWI, Jawa Pos Radar Ngawi – Seorang pejabat institusi kesehatan terkonfirmasi positif Covid-19. Pelaksana tugas (Plt) wakil ketua II salah satu bidang di PMI Ngawi pada Minggu lalu (30/8) dinyatakan terpapar virus korona.

Meski begitu, kantor tersebut tidak sampai di-lockdown. Pun, pelayanan donor darah tetap berjalan seperti biasa. ‘’Kebetulan yang bersangkutan tidak pernah mobile (berkeliling, Red) kantor, termasuk ke ruang UTD (unit transfusi darah),’’ kata Cecep Tyas Putra, salah seorang petugas PMI Ngawi, Senin (31/8).

Dia menyebut, setelah hasil swab yang bersangkutan keluar, lingkungan sekitar kantornya terus dilakukan sterilisasi dengan cairan disinfektan. Termasuk beberapa ruangan yang diduga pernah dikunjungi pasien tersebut. ‘’Hari ini (kemarin, Red) juga sudah dilakukan rapid test untuk antisipasi. Hasilnya, petugas sebanyak tujuh orang semuanya nonreaktif,’’ paparnya.

Bagaimana dengan pelayanan donor darah? Cecep memastikan tetap berjalan. Dia tidak bisa membayangkan jika kantor PMI –termasuk bagian UTD– sampai di-lockdown dan semua petugasnya menjalani isolasi. ‘’Pasti muncul masalah ketersediaan stok darah,’’ ujarnya.

Cecep menambahkan, dalam sehari PMI membutuhkan persediaan sekitar 50 kantong darah. Jumlah itu untuk memenuhi kebutuhan rumah sakit di Ngawi dan beberapa daerah sekitar. ‘’Kami pastikan pelayanan tetap dibuka dan aman bagi pendonor,’’ tegasnya. (tif/c1/isd)

Baca Lagi

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close